KEARIFAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL GENG PENYELAMAT ALAM KARYA AIDA RIZKIATUL ZAHRA DAN BUNGA PENYELAMAT KARYA FIDA ZALFA LATHIFAH YASMIN: KAJIAN ECOCRITICISM

  • SONYA NURRAHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi, sikap, dan tindakan anak dalam novel Geng Penyelamat Alam Karya Aida Rizkiatul Zahra dan Bunga Penyelamat Karya Fida Zalfa Lathifah Yasmin yang sesuai dengan kearifan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang mengutamakan penjabaran data dalam bentuk kalimat yang terdapat dalam novel Geng Penyelamat Alam Karya Aida Rizkiatul Zahra dan Bunga Penyelamat Karya Fida Zalfa Lathifah Yasmin yang sesuai dengan kearifan lingkungan. Hasil penelitian ini: (1) Persepsi anak dalam novel Geng Penyelamat Alam dan Bunga penyelamat yang sesuai dengan kearifan lingkungan adalah pengetahuan tentang reboisasi, kepedulian terhadap tumbuhan, kepedulian terhadap hewan, kesadaran terhadap tanggung jawab dan pemahaman karakteristik hewan, pengetahuan tentang pemburu dan penebang pohon, pengetahuan akibat perburuan dan penebangan pohon yang tidak bertanggung jawab, kepekaan terhadap sampah, pengetahuan pengelolaan sampah, kesadaran membantu korban banjir, serta keyakinan anak telah menyelamatkan lingkungan alam. (2) Sikap anak dalam novel Geng Penyelamat Alam dan Bunga penyelamat yang sesuai dengan kearifan lingkungan adalah sikap positif terhadap penyelamatan alam, penolakkan penebangan pohon, simpati terhadap hewan, keputusan menghemat air dan mengurangi sampah, sikap positif terhadap daur ulang sampah merupakan tindakan yang baik untuk dilakukan, dan keputusan anak memilih lebih baik menggunakan sepeda atau berjalan kaki. (3) Tindakan anak dalam novel Geng Penyelamat Alam dan Bunga penyelamat yang sesuai dengan kearifan lingkungan adalah menanam pohon, menegur penebang pohon dan mencegah penebangan pohon, menolong hewan, merawat hewan, menegur pemburu, membantu korban banjir, mengelola sampah, membersihkan tempat dan alat yang akan digunakan, dan mengajak anak atau memersuasi teman-temannya untuk mengendarai sepeda atau berjalan kaki jika pergi ke tempat yang dekat.

Kata kunci: kearifan lingkungan, persepsi, sikap, dan tindakan anak

Published
2018-01-25
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 33