KEEFEKTIFAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI RAKYAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PANDAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Puspita Dwi Fitriyanti

Abstract

Abstrak

 Pada era globalisasi, keterampilan berbahasa seseorang semakin menurun. Satu dari keterampilan berbahasa tersebut, yaitu keterampilan menulis. Dalam menulis membutuhkan kemampuan agar informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca dapat tersampaikan dengan baik. Kemampuan tersebut perlu untuk dimiliki peserta didik, metode pembelajaran merupakan satu dari cara untuk meningkatkan kemampuan menulis. Satu dari metode pembelajaran tersebut, yaitu metode  tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi rakyat peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan menggunakan metode tutor sebaya. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian eksperimen dengan design penelitian eksperimen pretest-posttest control group design dan penelitian ini merupakan penelitian true experimental. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa aktivitas peserta didik dan pendidik saat proese pembelajaran menulis puisi rakyat menggunakan metode tutor sebaya  sangat baik dan peserta didik menjadi bersemangat saat mengikuti pembelajaran.  Serta, dapat diketahui pula perbedaan yang signifikan antara tanpa dan dengan menggunakan metode tutor sebaya pada hasil belajar peserta didik ketika menulis puisi rakyat. Peningkatan kemampuan menulis puisi rakyat terjadi ketika pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya, hal tersebut dapat dibuktikan dengan penghitungan uji signifikansi. Hasil yang diperoleh, yaitu t0 = 2,74 dengan db = 64.dengan db = 64 diperoleh ttabel pada t.s.0,05 = 1,67 dan t.s.0,01 = 2,39. Karena t0 lebih besar daripada ttabel baik pada taraf signifikansi 0,05 maupun 0,01, sehingga masuk daerah penolakan dan hipotesisi kerja diterima. Sedangkan, untuk hasil respons peserta didik dapat diketahui bahwa peserta didik sangat menyukai penggunaan metode tutor sebaya saat pembelajaran menulis puisi rakyat. 

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Tutor Sebaya, dan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat

Published
2018-01-31
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 140