Konflik Sosial dalam Novel O Karya Eka Kurniawan (Kajian Konflik Sosial Lewis A. Coser)

  • ARUM RIZKA NURSANTARI

Abstract

Novel O merupakan novel yang menggambarkan keinginan tidak masuk akal dari seekor monyet yang ingin menjadi manusia. Karena keinginan yang tidak masuk akal dari seekor monyet bernama O tersebut, dalam novel terjadi konflik. Konflik yang terjadi dalam novel ini adalah konflik sosial. Konflik sosial yang dikaji dalam penelitian hanya konflik realistis dan non realitis.

Permasalahan yang akan dijelaskan dalam penelitian ini adalah konflik sosial yang ada dalam novel O. Konflik sosial yang terdapat dalam novel antara lain konflik realistis, konflik non-realistis dan fungsi konflik sosial. Ketiga hal tersebut yang mendasari penggunaan teori sosiologi sastra.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Penulis menggunakan penelitian sosiologi sastra karena konflik sosial berhubungan dengan fenomena sosial dalam masyarakat. Konflik berhubungan dengan interaksi antar individu maupun antar kelompok.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa konflik sosial yang terdapat dalam novel didominasi oleh konflik realistis. Karena konflik di dalam novel banyak yang terjadi antara dua orang dan tanpa unsur pembalasan dendam.

Kata Kunci: Novel O, Sosiologi Sastra, Konflik Sosial.






Published
2018-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 1148
PDF Downloads: 1271