Konsep Ideologi dan Aparatur Negara dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur (Kajian Sosiologi Louis Althusser)

  • ERVITA SARI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kecurigaan adanya bentuk ideologi Louis Althusser pada novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Novel tersebut mengambil setting di daerah Aceh. Permasalahan-permasalahan sosial yang terdapat pada novel tersebut menarik untuk dianalisis dengan konsep ideologi. Selain itu, novel ini merupakan Pemenang Unggulan Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bentuk ideologi tokoh Murad terhadap partai merah dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur? (2) bagaimana bentuk aparatur Negara tokoh Murad terhadap partai merah dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur? (3) bagaimana dampak ideologi dan aparatur negara yang dilakukan tokoh Murad terhadap partai merah dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur?

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan bentuk ideologi tokoh Murad terhadap partai merah dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur, (2) mendeskripsikan bentuk aparatur negara pada novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur, (3) menjelaskan dampak ideologi dan aparatur negara yang dilakukan tokoh Murad terhadap partai merah dalam novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini yaitu novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur. Teori yang digunakan yaitu teori ideologi dari Louis Althusser. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik simak, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini diambil dengan cara mengambil dan menuliskan kutipan-kutipan yang ada dalam novel Tanah Surga Merah, selanjutnya akan dianalisis sesuai dengan teori untuk menjawab rumusan masalah yang ada dalam penelitian.

Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa tokoh Murad memiliki empat pandangan ideologi yaitu ideologi pada bidang politik, ideologi dalam melakukan pergerakan, ideologi dalam bentuk agama, dan ideologi terhadap keluarga. Aparatus negara dalam novel Tanah Surga Merah karya Arafat Nur, praktik aparatus negara baik secara ideologis maupun represif lebih didominasi oleh tokoh Murad. Praktik aparatus negara represif (penekanan) cenderung lebih banyak dilakukan oleh golongan Partai Merah. Dampak Ideologi dan Aparatus Negara pada Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur meliputi aspek masyarakat menjadi korban kekerasan yang dilakukan kelompok partai merah, menimbulkan dampak degradasi moral generasi penerus bangsa, memberi dampak berupa rusaknya sistem perekonomian serta menimbulkan kerusakan-kerusakan rumah masyarakat.

Kata kunci: Ideologi, Aparatur Negara, Tanah Surga Merah, Louis Althusser.







Published
2018-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 111