KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TEATER TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CERME

  • SELA SETYA RINI
  • KAMIDJAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses keefektifan penggunaan media video teater dan mengetahui perbedaan hasil belajar menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cerme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.

Variabel dalam penelitian ada dua, yaitu variabel bebas dan variable terikat. Popilasi yang digunakan peserta didik kelas VIII sejumlah 349 peserta didik. Sehingga, didapati sampel dalam penelitian ini adalah 72 peserta didik dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode tes berupa esai dan teknik analisis data mencari rerata hasil belajar dan Uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil. Hasil belajar peserta didik diperoleh rerata pretes kelas kontrol 60,42 dan postes 77,64. Sedangkan rerata pretes kelas eksperimen 65,83 dan postes 88,75. Sehingga, perbandingan dari rerata kelas kontrol dan eksperimen terhitung, hasil yang diperoleh ialah t0= 3,85 dengan db = 70. Dengan db 70 diperoleh ttabel pada t.s.0,05 = 1,66 dan t.s.0,01= 2,38. Karena t yang diperoleh dalam perhitungan, yaitu t0= 3,85 lebih besar dari ttabel (3,85>2,38) baik pada taraf signifikansi 0,05 maupun pada taraf signifikansi 0,01. Sehingga diketahui bahwa t hitung masuk daerah penolakan dan hipotesis kerja diterima. Dari hasil penghitungan tersebut menunjukan t hitung > dari t tabel, jadi dapat dikatakan bahwa media video teater efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama.

Kata kunci : Keefektifan, Media Video Teater, dan Hasil Belajar Menulis Teks Drama.






Published
2018-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 145