PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN TEKS PERSUASI BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK KELAS VIII

  • MARATUS SHOLICHAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku suplemen yang dikembangkan, meliputi aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan adalah 4D Thiagarajan, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembagan, dan penyebaran.Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-3 dan VIII-4 MTs. Ma’arif Sidomukti.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket, observasi, dan tes.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan buku suplemen telah melewati tahap pendefinisian dengan melakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan, telah dilakukan langkah pemilihan format buku suplemen dan desain awal buku suplemen.pada tahap pengembangan, telah dilakukan validasi, uji coba terbatas, uji coba luas, dan revisi; 2) Kualitasbuku suplemen dinilai berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan dari segi kelayakan isi dinilai sangat layak dengan persentase 82,5%, dari segi kelayakan bahasa dinilai sangat layak dengan persentase 98,67%, dari segi kelayakan penyajian dinilai sangat layak dengan persentase 92,31% dan kelayakan kegrafikaan diperoleh nilai sangat layak dengan persentase 89,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kevalidan buku suplemen mendapat predikat sangat layak.Keefektifan buku suplemen berdasarkan rata-rata hasil belajar peserta didik menunjukan kualifikasi sangat efektif, diperoleh dari nilai rata-rata peserta didik 82,19 pada uji coba terbatas dan 86,78 pada uji coba luas. Berdasarkan hasil observasi, keefektifan buku suplemen menunjukkan kualifikasi sangat efektif, diperoleh dari persentase skor 81,67% pada uji coba terbatas dan 83,33% pada uji coba luas. Kepraktisan buku suplemen yang diperoleh dari hasil angket respon peserta didik menunjukkan kualifikasi sangat layak, dengan persentase skor 82,75% pada uji coba terbatas dan 87,05% pada uji coba luas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku suplemen teks persuasi berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah layak, efektif, dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VIII.

Kata Kunci: Buku suplemen, teks persuasi, model pembelajaran berbasis masalah








Published
2018-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 21