Pengembangan Materi Ajar Teks Persuasi Berbasis Lingkungan untuk Kelas VIII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013

  • KIKI WARDANI PANGESTI PUTRI

Abstract

Abstrak

Penelitian berjudul “Pengembangan Materi Ajar Teks Persuasi Berbasis Lingkungan untuk Kelas VIII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013” ini dilatarbelakangi oleh hasil analisis siswa di SMP Negeri 1 Gondang, Nganjuk. Berdasarkan hal tersebut, ditemukan data bahwa kurikulum 2013 telah diterapkan di kelas VIII. Siswa membutuhkan buku tambahan untuk mempelajari materi-materi yang ada dalam buku teks, terutama teks persuasi. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan materi ajar teks persuasi berbasis lingkungan untuk kelas VIII SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan materi ajar teks persuasi berbasis lingkungan untuk kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013, (2) kualitas materi ajar teks persuasi berbasis lingkungan untuk kelas VIII SMP berdasrkan kurikulum 2013 yang dinilai dari tiga aspek yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D Thiagarajan yang diadaptasi menjadi 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Penelitian ini menghasilkan sebuah produk materi ajar yang berjudul “Melestarikan Lingkungan dengan Teks Persuasi”. Hasil penelitian ini meliputi 1) pengembangan materi ajar teks persuasi berbasis lingkungan sesuai dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Setiap kegiatan dalam model pengembangan tersebut telah dilaksanakan dengan baik, 2) kualitas materi ajar teks persuasi dinilai dari tiga aspek, yakni kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

Kata Kunci: Pengembangan, Materi Ajar, Lingkungan

Abstract

The research entitled "Development of Environment-Based Persuasion Textual Material for Class VIII SMP Based on Curriculum 2013" is motivated by the results of student analysis at SMP Negeri 1 Gondang, Nganjuk. Based on this, it was found that the 2013 curriculum has been implemented in class VIII. Students need additional books to study the material contained in textbooks, especially persuasion texts. Therefore, the researchers took the initiative to develop environment-based persuasion teaching materials for grade VIII SMP. The purpose of this research is to describe: (1) development of environment-based persuasion teaching materials for class VIII based on curriculum 2013, (2) quality of environmentally-based persuasion teaching material for class VIII SMP based on curriculum 2013 assessed from three aspects covering validity, effectiveness, and practicality. The development model used is the Thiagarajan 4D development model adapted to 4P (Defining, Designing, Development, and Spreading). This study produced a teaching material product entitled "Preserving the Environment with Persuasion Text". The results of this study include 1) development of environment-based persuasion teaching materials in accordance with 4i Thiagarajan development model. Each activity in the development model has been well implemented, 2) the quality of teaching material of persuasion text is assessed from three aspects, namely validity, effectiveness, and practicality.

Keywords: Development, Teaching Materials, Environment

Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 168