ALIH WAHANA FILM KARTINI SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO KE DALAM NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

  • ANNISA PERMATASARI

Abstract

Alih wahana dari film ke novel (novelisasi) dibuat karena potensi ketenaran sebuah film atau antusiasme dari penonton atau sebagai bagian dari promosi film. Penelitian ini berobjek film dan novel Kartini karena film ini juga ditayangkan dalam festival film bertaraf internasional. Penelitian berkonsep alih wahana ini meneliti tentang unsur naratif cerita dan proses perubahan dalam alih wahana tersebut dan menggunakan konsep alih wahana film ke novel karena konsep ini masih jarang diteliti apabila dibandingkan dengan alih wahana novel ke film.

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan struktur naratif cerita dalam film Kartini sutradara Hanung Bramantyo, 2) mendeskripsikan struktur naratif cerita dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy, dan 3) mendeskripsikan perubahan dari alih wahana film Kartini sutradara Hanung Bramantyo ke dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy berdasarkan struktur naratif cerita.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian sastra bandingan. Konsep dalam penelitian ini yaitu alih wahana yang menggunakan pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca-catat. Teknik penganalisisan data berupa studi bandingan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Film yang memiliki 128 peristiwa, 15 latar tempat, 19 latar suasana, 3 latar waktu, dan 42 tokoh.; 2) Novel Kartini ini memiliki 281 peristiwa, 29 latar tempat, 24 latar suasana, 11 latar waktu, dan 63 tokoh.; dan 3) Dalam proses alih wahana tersebut, muncul penciutan pada 42 peristiwa, 25 penggambaran tokoh, 2 tokoh, 5 latar tempat, 8 latar suasana. Kemudian muncul penambahan pada 173 peristiwa, 10 penggambaran tokoh, 13 tokoh, 15 latar tempat, 8 latar suasana, dan 7 latar waktu. Lalu muncul pula perubahan bervariasi pada 51 peristiwa, 3 tokoh, 6 latar tempat, 9 latar suasana, dan 4 latar waktu.

Kata Kunci: alih wahana, novelisasi, film, novel.

Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 195
PDF Downloads: 869