Pengaruh Multimedia Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro

  • SISKA MELYAWATI

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di berbagai jenjang pendidikan. Selain itu Bahasa Indonesia juga sebagai mata pelajaran yang diUNASkan, termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama salah satunya di SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro. Namun banyak peserta didik yang tidak suka dengan pelajaran Bahasa Indonesia dengan berbagai alasan seperti terlalu rumit, bacaan terlalu panjang, serta kesusahan dalam membuat karya. Permasalahan tersebut menjadi latar belakang dilakukannya penelitian di SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro. Sekolah tersebut merupakan satu-satunya SMP negeri di kecamatan Kanor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multimedia dalam pembelajaran menulis naskah drama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama, pengaruh multimedia terhadap kemampuan menulis naskah drama, dan respons peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan true experimental design (Arikunto: 2011). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, soal pretes dan postes, dan angket respons peserta didik. Adapun instrumen penelitian ini, yaitu lembar aktivitas peserta didik dan pendidik, butir soal, dan angket berupa butir pertanyaan. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan mencari persentase dan t signifikansi.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik mendapatkan persentase 90% dan aktivitas pendidik 80%. Kemudian untuk hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes peserta didik, yaitu 65,07 dan nilai rata-rata postes 74,21. Sedangkan nilai rata-rata pretes di kelas eksperimen, yaitu 65,78 dan nilai rata-rata postes 86,59. Nilai dari kedua kelas memang meningkat, namun peningkatan secara signifikan terjadi di kelas eksperimen. Selanjutnya t0 dari hasil tersebut, yaitu 8,76 dengan db 58. Kemudian dibandingkan dengan taraf tabel dengan taraf 5% atau 0,05 yang menghasilkan t tabel 2,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa t sroce lebih besar dari t tabel (8,76 > 2,00). Terakhir, hasil penghitungan respons peserta didik menunjukkan 44, 76%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh cukup kuat dalam pembelajaran menulis naskah drama.

Keywords: influence, multimedia, writing, drama script

Bahasa Indonesia is a compulsory subject at various levels of education. In addition, Indonesian as well as subjects are iclude one of lesson that become national examiation, including at the level of one junior high school in SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro. But many learners who do not like the Indonesian lesson with a variety of reasons such as too complicated, the reading is too long, and trouble in making the work. These problems become the background of research conducted at SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro. The school is the only state junior high school in Kanor sub-district. This study aims to see the effect of multimedia in learning to write drama script. This study aims to see the implementation of learning drama script writing, multimedia influence on the ability to write drama script, and the response of students class VIII SMP Negeri 1 Kanor Bojonegoro.

This study was included in experimental research. This type of research approach uses true experimental design (Arikunto: 2011). Data collection techniques used are to use observation, pretest and postes questions, and questionnaire responses learners. The instruments of this study, namely the activity sheet of learners and educators, items, and questionnaires in the form of questions. The research data that has been obtained is analyzed by finding percentage and t significance.

The results of this study indicate that the activities of learners get 90% percentage and educator activity 80%. Then for the learning outcomes of learners in the control class the average value of pretest learners, that is 65.07 and the average postes 74.21. While the average value of pretest in the experimental class, that is 65,78 and the average value of postes 86,59. The value of both classes did increase, but a significant increase occurred in the experimental class. Furthermore t0 from the result, that is 8.76 with db 58. Then compared with the level table with a level of 5% or 0.05 resulting t table 2.00. It shows that t sroce is greater than t table (8.76> 2.00). Finally, the calculation of the response of learners shows 44, 76%. These results indicate that multimedia influences quite strongly in the learning of writing drama script.







Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 30