Analisis Wacana Iklan pada Instagram : Teori Norman Fairclough

  • MARINA KARTIKAWATI

Abstract

I. Abstrak

Penelitian ini membahas tentang analisis wacana iklan pada instagram : teori Norman Fairclough. Analisis wacana yang menggunakan teori Norman Fairclough meyediakan dimensi-dimensi yang bisa digunakan untuk melakukan kajian mengenai teks iklan dalam media sosial yaitu instagram. Praktik kewacanaan yaitu tempat dihasilkan dan dikonsumsi teks yang dihasilka n kemudian dipandang sebagai bentuk penting praktik sosial dalam media sosial pada instagram. Terdapat tiga dimensi analisis wacana teori Norman Fairclough yaitu, dimensi tekstual (mikrostruktural), dimensi kewacanaan (mesostruktural), dan dimensi sosial-budaya (makrostruktural).

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tiga dimensi teori wacana Norman Fairclough yaitu dimensi tekstual (mikrostruktural), dimensi kewacanaan (mesostruktural), dan dimensi sosial-budaya (makrostruktural). Sedangkan manfaat penelitian ini yaitu dapat menginspirasi pengguna media sosial untuk mengembangkan kreativitas pembentukan frasa dan kalimat dalam promosi produk agar semakin menarik perhatian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode agih dan teknik perluas. Data dari penelitian ini merupakan kutipan berupa teks iklan dalam instagram. Sumber data yaitu teks iklan dalam media sosial instagram sehingga metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode sima dan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu teknik simak libat bebas cakap.

Kata kunci: Analisis Wacana, Iklan, Sosial Media, Instagram

II. Abstract

This study discusses the analysis of advertising discourse on Instagram: Norman Faircloughs theory. Discourse analysis using Norman Fairclough theory provides dimensions that can be used to conduct studies on ad text in social media that is instagram. The practice of discourse where the resulting and consumed text is produced is then seen as an important form of social practice in social media on instagram. There are three dimensions of Norman Faircloughs theory discourse analysis namely, textual dimension (microstructural), dimension of authorship (mesostruktural), and social-cultural dimension (macrostructural).

The purpose of this study is to describe the three dimensions of Norman Faircloughs theory of discourse namely the textual dimension (microstructural), the dimension of authorship (mesostruktural), and the social-cultural dimension (macrostructural). While the benefits of this research is able to inspire users of social media to develop creativity in the formation of phrases and sentences in the promotion of products to increasingly attract the attention of consumers. This type of research is qualitative research with agih methods and extension techniques. Data from this study is a quote in the form of ad text in Instagram. Sources of data ie ad text in social media instagram so that the method used for data collection that is sima method and technique used for data collection that is technique of free libat free capability.

Keywords : Discourse Analysis, Advertising, Social Media, Instagram






Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 889