Perkembangan Jenis Kalimat dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

  • AHMAD BAYU PRASTYO

Abstract

Pengajaran BIPA sama halnya membelajarkan seorang amatir hingga menjadi profesional. Problematika utama pemelajar BIPA dalam belajar bahasa Indonesia terletak pada tata bahasa. Penggunaan tata bahasa yang tepat dalam bahan ajar dapat memudahkan pembelajaran. Pemelajar BIPA memiliki bahan ajar yang terdiri atas enam jenjang, yaitu A1, A2, B1, B2, C1, dan C2 yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, dalam penilitian ini akan dilihat apakah perkembangan tata bahasa dalam bahan ajar BIPA sesuai dengan hakikat perkembangan dan teori oxford reding tree, yaitu dari sederhana ke kompleks pada bahan ajar jenjang awal ke jenjang yang lebih tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan jenis kalimat berdasarkan jumlah klausa dalam bahan ajar BIPA. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang ada dalam bahan ajar BIPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik catat. Instrumen pengumpulan data adalah tabel klasifikasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan teknik hubung banding menyamakan (HBS), teknik hubung banding membedakan (HBB), dan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Hasil penelitian menunjukkan jenis kalimat dalam bahan ajar BIPA menunjukkan perkembangan baik pada kalimat tunggal dan pada kalimat majemuk menunjukkan perkembangan yang tidak baik.

Kata kunci: Afiksasi, Reduplikasi, Komposisi, Jenis Kalimat, Perkembangan, Bahan Ajar BIPA
Published
2018-09-28
Section
Articles
Abstract Views: 391
PDF Downloads: 600