PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS ULASAN KELAS VIII MTS AL-MUSTHOFA TAHUN AJARAN 2017/2018

  • KHARIS ALI WAFA ASWIN

Abstract

Kurikulum 2013 yang berlaku pada pembelajaran adalah kurikulum berbasis teks. Untuk menuangkan suatu ide ke dalam bentuk teks diperlukan ketrampilan menulis yang cukup.Berdasar hasil wawancara dengan pendidik mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII di MTs Al-Musthofa Mojokerto menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII kurang optimal. Dalam upaya membelajarkan peserta didik menulis teks ulasan, metode CIRC dapat digunakan atau bisa menjadi solusi metode pengajaran bagi pendidik. Hal itu disebabkan CIRC merupakan komposisi terpadu antara membaca dan menulis secara kooperatif-kelompok. CIRC adalah jenis pembelajaran cooperative learning, yaitu suatu pembelajaran yang menggunakan semua jenis kerja kelompok yang lebih dipimpin dan diarahkan oleh pendidik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Musthofa Mojokerto. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan C. Kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, tes dan angket.

Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan perhitungan uji signifikansi menggunakan uji-t. Pada perhitungan hasil T0 = 3,8, db = 60. Dengan db 60 diperoleh ttabel pada ts-0,05 = 1,67 dan ts-0,01 = 2,39, karena t yang diperoleh dalam perhitungan, yaitu t0 = 3,8 lebih besar dari ttabel baik pada taraf siginifikansi 0,05 maupun pada taraf signifikansi 0,01. Karena t hitung menunjukkan lebih besar dari ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memengaruhi kemampuan menulis peserta didik kelas VIII MTs. Al-Musthofa.

.

Kata kunci: pengaruh, ulasan, CIRC.






Published
2018-10-02
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 91