PERKEMBANGAN KOSAKATA DAN FONOTAKTIK PADA BUKU AJAR BIPA TINGKAT A1—C2 TERBITAN KEMENDIKBUD

  • SHELYA CHABIBAH

Abstract

Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2 ditujukan untuk warga asing yang ingin mahir berbahasa Indonesia. Kemahiran berbahasa berindikator utama memiliki penguasaan kosakata yang cukup. Karena itu, buku yang ideal ialah yang meningkatkan penguasaan kosakata. Kata terdiri atas deret fonem yang sistematis. Deret tersebut adalah fonotaktik. Dengan penganalisisan fonotaktik, diketahui tingkat kerumitan kosakata yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan kosakata dan fonotaktik pada Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2. Data penelitian adalah kosakata bahasa Indonesia pada Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan teknik catat. Instrumen pengumpulan data adalah tabel klasifikasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan teknik hubung banding menyamakan (HBS), teknik hubung banding membedakan (HBB), dan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Hasil penelitian adalah 1) perkembangan kosakata pada Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2 fluktuatif dengan proporsi kelas kata seimbang: Buku A1 berisi 1930 kata, A2 1663, B1 2569, B2 3524, C1 2617, dan C2 2629 sehingga dinyatakan kurang baik dan 2) perkembangan fonotaktik pada Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2 meningkat berdasarkan jumlah: ada 10 pola pada Buku A1, 10 pada A2, 11 pada B1, 11 pada B2, 11 pada C1, dan 11 pada C2 tetapi berdasarkan kerumitan pola fluktuatif sehingga dinyatakan kurang baik.Kata kunci: perkembangan, kosakata, kelas kata, fonotaktik, dan Buku Ajar BIPA Tingkat A1—C2.
Published
2018-10-16
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 260