NILAI-NILAI BUDAYA PAPUA DALAM NOVEL CINTA PUTIH DI BUMI PAPUA KARYA DZIKRY EL HAN

  • WINDA WORO MAHMUDAH

Abstract

Kata Kunci : novel Cinta Putih di Bumi Papua, nilai budaya, antropologi sastra

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk nilai-nilai budaya yang terkait hubungan manusia dengan Tuhan, alam, masyarakat, orang lain, dan diri sendiri pada novel Cinta Putih di Papua karya Dzikry el Han. Novel ini mengisahkan tentang Kampung Adat Patipi yang terletak di Semenanjung Onim, Fak-fak, Papua. Masyarakat Patipi memegang teguh adat dan ajaran nenek moyang secara turun temurun, sehingga aturan-aturan dari moyang sudah mendarah daging dalam diri masyarakat Kampung Patipi di mana pun mereka berada.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber datanya adalah novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikry el Han. Data penelitian ini berupa penggalan kalimat, paragraf, dan dialog tokoh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Untuk teknik analisis data menggunakan model pembacaan heuristik dan hermeneutik. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan model triangulasi, member check, dan konsultasi ahli.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah menjabarkan nilai budaya dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua terkait hubungan dengan Tuhan, yaitu taat beribadah, pasrah kepada Tuhan, sabar menerima cobaan, dan selalu mengingat Tuhan; nilai budaya terkait hubungan dengan alam, yaitu memahami alam; nilai budaya terkait hubungan dengan masyarakat, yaitu tolong menolong, dan musyawarah; nilai budaya terkait hubungan dengan orang lain, yaitu ketaatan, kekerabatan, saling toleransi, dan cinta kasih; nilai budaya terkait hubungan dengan diri sendiri, yaitu keberanian, keseimbangan, kejujuran dan mencari ilmu.
Published
2018-10-29
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 193