KEBEBASA, KESEJAHTERAAN, DAN KESETARAAN HAK TOKOH SUNYI, SUMIRAH, DAN SUNTINI DALAM NOVEL “SUNYI DI DADA SUMIRAH” KARYA ARTIE AHMAD KAJIAN FEMINISME LIBERAL

  • Warianik

Abstract

Penelitian ini menggunakan kajian feminisme liberal Betty Friedan dengan objek yang diteliti adalah novel Sunyi di Dada Sumirah karya Artie Ahmad. Penelitian ini akan menghasilkan kebebasan hak tokoh perempuan, kesejahteraan ekonomi tokoh perempuan, dan kesetaraan kesempatan tokoh perempuan. Akan terdapat banyak kegiatan tokoh perempuan dalam memperjuangkan haknya untuk mencapai hidup yang layak.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui arti perjuangan seorang perempuan yang tak henti untuk berjuang demi mencapai kata setara. Kebebasan hak perempuan bisa didapatkan dengan berbagai hal. Kesejahteraan ekonomi perempuan dalam novel, tiga perempuan yang tangguh memiliki ekonomi yang sama. Dan kesetaraan kesempatan perempuan didapatkan dengan perjuangan Sunyi untuk menyamakan dengan yang lain.

Penelitian ini menghasilkan pertama mengetahui kebebasan hak tokoh perempuan seperti : hak memiliki, kebebasan menyampaikan pendapat, kebebasan untuk berbeda, dan kebebasan untuk berpendapat. Kedua kesejahteraan ekonomi tokoh perempuan seperti : kesejahteraan lapangan kerja, kesejahteraan pendapatan, dan kesejahteraan penghargaan. Dan yang ketiga kesetaraan kesempatan tokoh perempuan seperti : kesetaraan pengembangan otonomi diri, kesetaraan distribusi kemakmuran, dan kesetaraan menciptakan kebahagiaan.

Kata kunci : Kebebasan, Kesejahteraan, Kesetaraan, Feminisme Liberal.

This study used a liberal feminist Betty Friedan studies with novel research object Sunyi di Dada Sumirah Artie Ahmad works. Where there will be freedom of womens character rights, economic welfare of female leaders, and equality of opportunity for female leaders. There will be many activities of female leaders in fighting for their rights to achieve a decent life.

This research was conducted with the aim of knowing the meaning of the struggle of a woman who does not stop to fight for achieving an equal word. Freedom of womens rights can be obtained by various things. Womens economic welfare in the novel, three strong women have the same economy. And equality of opportunity for women is obtained by the Silent struggle to equalize the others.

This research resulted in the first finding out the freedom of womens rights such as: the right to possess, freedom of expression, freedom to differ, and freedom of expression. Both economic welfare of female leaders such as: welfare of employment, welfare of income, and welfare of awards. And thirdly the equality of opportunities for female leaders such as: equality in the development of self-autonomy, equality of distribution of prosperity, and equality create happiness.

Keywords : Freedom, Welfare, Equality, Liberal Feminist.


Published
2019-03-21
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 108