KEPRIBADIAN BEHAVIORISME TOKOH ANYA DALAM NOVEL CRITICAL ELEVEN KARYA IKA NATASSA : KAJIAN PSIKOLOGI SKINNER

  • PARTININGSIH

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini akan membahas tentang Critical Eleven, atau sering disebut dengan sebelas menit paling kritis, selain itu dalam waktu sebelas menit paling kritis ini sering disebut dengan waktu yang paling krusial dalam dunia penerbangan. Seperti dalam novel Critical Eleven karya Ika Natassa, ia menuliskan tokoh yang bernama Anya, tokoh Anya ini sewaktu dalam penerbangan bertemu dengan laki-laki yang membuat ia melupakan kejadian sebelas menit paling kritis dalam pesawat, bermula dari pertemuan yang tidak disengaja dalam pesawat itu hubungan mereka berdua berlanjut, tidak hanya sekadar terpisah di bandara, tetapi pertemuan mereka berujung pernikahan, sejak pertemuan pertama mereka hingga pernikahan, terlihat banyak perubahan-perubahan yang dialami oleh tokoh Anya, perubahan itu bermula dari kebiasaan-kebiasaan yang Anya lakukan, ia mencoba mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh Ale, laki-laki yang ia temui di pesawat waktu itu, seperti kebiasaan makan ketoprak ditenda kecil pinngir jalan, tetapi perilaku Anya mulai berubah kembali saat keluarga kecil mereka mengalami musibah, yaitu kehilangan anak pertamanya, saat itu Ale yang menuduh Anya tidak menjaga kandungannya dengan baik dan menyebabkan anak yang ada dikandungannya meninggal, dari stimulus yang dikeluarkan Ale dari mulutnya itulah yang menyebabkan Anya tidak berperilaku seperti dulu lagi, ia tidak pernah menghiraukan Ale dan menganggap Ale ada. Perubahan tingkah laku yang dialami Anya itu disebut dengan psikologi behaviorisme Skinner, psikologi ini mengutamakan sebuah stimulus sebagai perangsang utama tingkah laku manusia bisa berubah, dengan adanya perangsang tersebut maka akan diikuti dengan adanya respon, respon dalam psikologi behaviorisme merupakan reaksi yang timbul dari adanya pengaruh rangsangan. Pemberian rangsangan atau stimulus dalam adanya sebuah respon akan menimbulkan sebuah akibat, meski akibat tidak selalu ada ketika stimulus diberikan tetapi akibat ini juga memiliki pengaruh sangat penting dalam perubahan tingkah laku.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya sebuah stimulus yang diberikan oleh tokoh Ale maupun dari lingkungan baru yang Anya temui, dari stimulus tersebut tokoh Anya akan merespon adanya rangsangan yang telah diberikan, respon-respon tersebut yang menentukan tokoh Anya memiliki tingkah laku yang berbeda dari sebelumnya. Dari adanya respon negatif maupun positif dari rangsangan yang diberikan dari lingkungan baru itu maka akan timbul sebuah akibat yang dialami oleh tokoh Anya dalam novel Critical Eleven karya Ika Natassa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra yang memiliki objek penelitian yaitu kepribadian behaviorisme, bersumber data novel dan data yang diperoleh berupa kutipan kalimat maupun paragraf yang termasuk psikologi behaviorisme. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik pustaka sendiri menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data, sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif ini didapatkan dengan menggunakan cara penganalisisan dengan menyajikannya dalam bentuk deskriptif.

Hasil penelitian ini diperoleh dari data-data yang ada dalam novel Critical Eleven karya Ika Natassa, dalam novel tersebut terdapat tokoh yang bernama Anya. Tokoh Anya mengalami sebuah pola belajar behaviorisme, ia belajar dari lingkungan baru yang ia temui, terjadi sebuah stimulus yang diberikan sehingga tooh Anya ini merespon dari adanya sebuah stimulus yang diberikan tokoh Ale, dari adanya stimulus tersebut tingkah laku Anya terlihat berubah dari sebelumnya. Dariawal pertemuan mereka hingga pernikahan mereka, respon yang didapatkan Anya bergantung stimulus yang diberikan tokoh Ale. Awalnya tokoh Anya ini sangat mempercayai tokoh Ale sampai Anya benar-benar tidak menghiraukan tokoh Ale, tetapi rangsangan tersebut selalu diberikan oleh tokoh Ale sehingga pada akhirnya tokoh Anya ini memiliki kepribadian tingkah laku yang kembali peduli kepadanya seperti awal pertemuan mereka di pesawat saat itu, pertemuan yang menjadikan Anya melupakan waktu sebelas menit paling kritis dalam penerbangan.


Kata Kunci : Critical Eleven, Psikologi Behaviorisme, Stimulus, Respon, Kepribadian.








Published
2019-04-15
Section
Articles
Abstract Views: 382
PDF Downloads: 329