PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-CLASS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK WATDOESEN (WATCHING, DOING, SENDING) DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 12 SURABAYA

  • LAILATUS SOLIKHA MARWAH ALFIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan, respons, dan hasil belajar dalam pembelajaran teks cermah dengang model pembelajaran e-class menggunakan teknik watdosen (watching, doing, sending). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMAN 12 Surabaya sehingga didapati sampel pada penelitian ini merupakan dua kelas dari 10 kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 23 berupa penghitungan jumlah, rata-rata, dan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil. Hasil belajar siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 60,21 dan postest 69,39. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 68,44 dan postest 74,85. Perbandingan keduanya diperoleh t-score = 0,090. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 ditolak karena 0,090 > 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran e-class dengan menggunakan teknik watdosen (watching, doing, sending) efektif dalam pembelajaran teks ceramah.
Published
2019-04-15
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 67