Keberanian dalam novel anak Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari

  • HANNA EKA PRATIVI HARMANTO

Abstract

Keberanian merupakan salah satu karakter yang dimiliki oleh anak-anak. keberanian pada anak mampu menjadikan anak-anak untuk dapat tampil percaya diri dan tahan uji untuk mencapai tujuannya. Salah satu karya sastra untuk membangun keberanian anak yakni novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Dalam penelitian ini keberanian dalam novel anak ­Mata di Tanah Melus terdapat tiga bentuk konsep keberanian yaitu ketegasan, inisiatif, dan kegagahan.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberanian anak dalam Novel Mata di Tanah Melus karya Okky madasari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskrpitif analisis yang terdapat pada novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari.

Hasil penelitian ini yakni (1) ketegasan anak dalam novel Mata di Tanah Melus yang sesuai dengan ketegasan adalah tegas dalam mengambil keputusan dengan klasifikasi bersikap tegas tegas dengan hal baru, berpikiran tegas, dan tegas mengenai hal baru. Bentuk ketegasan selanjutnya yakni tegas dalam berkata. (2) inisiatif anak dalam novel Mata di Tanah Melus sesuai dengan inisiatif adalah inisitaif bertindak kreatif, berkenalan dengan orang baru, bertanya, dan memberi pertolongan. (3) kegagahan anak dalam novel Mata di Tanah Melus sesuai dengan kegagahan yakni diklafisikasikan dalam menghadapi rintangan dan menghadapi hal baru.

Hasil keberanian yang ditampilkan pada novel Mata di Tanah Melus menjadikan tokoh tahan uji dan percaya diri dalam mencapai tujuannya.

Published
2019-04-15
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 506