Pengembangan Media Buku Budaya dalam Pembelajaran Wawasan Budaya Indonesia Pelajar BIPA Unesa

  • SITI PUJI WIJAYANTI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan peminat bahasa Indonesia di dunia Internasional, peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis dan berkelanjutan, diplomasi bahasa Indonesia di dunia internasional, dan diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional yang telah dirancang ke dalam kompetensi pembelajaran BIPA tingkat pemula (A1 dan A2), tingkat madya (B1 dan B2), dan tingkat mahir (C1 dan C2). Penelitian ini berfokus pada pembelajaran BIPA tingkat pemula A2 yaitu dengan kompetensi capaiannya adalah menguasai keterampilan berbahasa Indonesia dengan tema wawasan budaya Indonesia, selain itu kurangnya ketersediaan media dalam pembelajaran BIPA menjadi kendala pelajar BIPA untuk menguasai materi pembelajaran. Satu di antara media yang dapat mengatasi kendala tersebut yaitu dengan media Buku Budaya.

Media Buku Budaya berbentuk buku yang berisi pop up 3D dan teks bacaan bertema budaya Indonesia yang telah disesuaikan dengan materi oleh Kemendikbud, selain Buku Budaya didesain berukuran 30x30 cm, dan dilengkapi speaker untuk menunjang keteramplan menyimak pelajar BIPA.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan proses pengembangan media Buku Budaya dan mendeskripsikan kualitas media Buku Budaya dalam pembelajaran wawasan budaya Indonesia bagi pelajar BIPA Unesa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah disederhanakan sesuai kebutuan penelitian menjadi enam langkah yaitu, (1) pengumpulan data masalah, (2) desain produk, (3) produksi media, (4) validasi, (5) uji coba, dan (6) revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah pelajar BIPA tingkat pemula A2 di Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, kuesioner, dan tes.

Hasil dalam penelitian terdiri atas dua data yaitu, proses pengembangan dan kualitas media Buku Budaya. Proses pengembangan media Buku Budaya telah selesai pada 15 November 2018, telah selesai divalidasi pada 22 November 2018, dan telah dilakukan uji coba pada 26—27 November 2018. Kualitas media Buku Budaya terdiri atas tiga kriteria yaitu, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan media Buku Budaya ditentuan melalui hasil validasi oleh validator ahli dan memperoleh persentase sebesar 85,5%, sehingga berkategori sangat valid. Kepraktisan media Buku Budaya ditentukan dari hasil analisis lembar kuesioner respons pelajar tehadap media pembelajaran yang memperoleh persentase sebesar 73,4%, sehingga berkategori praktis. Keefektifan media Buku Budaya ditentukan berdasarkan hasil tes keterampilan berbahasa yaitu, 1) keterampilan menyimak, 2) keterampilan membaca, 3) keterampilan menulis, dan 4) keterampilan berbicara. Hasil tes tersebut memperoleh persentase sebesar 79,4%, sehingga berkategori baik. Dapat disimpulkan bahwa kualitas media Buku Budaya berkualitas dengan persentase sebesar 79,4%.

Kata kunci: Pengembangan, Buku Budaya, BIPA, Wawasan Budaya Indonesia
Published
2019-04-24
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 287