KEARIFAN LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT LAMALERA DALAM NOVEL SUARA SAMUDRA CATATAN DARI LAMALERA KARYA MARIA MATILDIS BANDA

  • GUSELA KURNIATI

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini mengungkapkan kearifan lokal masyarakat Lamalera yang sudah turun temurun dilakukan dengan arif dan bijaksana yaitu tradisi penangkapan ikan paus. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini yakni memperoleh deskripsi tentang dimensi pengetahuan lokal, dimensi nilai lokal, dimensi
keterampilan lokal, dimensi sumber daya lokal, dimensi mekanisme pengambilan keputusan lokal, dimensi solidaritas kelompok lokal masyarakat Lamalera. Jenis penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini yakni novel Suara Samudra Catatan dari Lamalera karya Maria Matildis Banda. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni metode pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni teknik deskriptif. Hasil penelitian ini yakni, (1) dimensi pengetahuan lokal yaitu pengetahuan masyarakat dalam menafsirkan simbol alam berupa simbol awan di langit, simbol suara buri (terompet) dan perahu tanpa awak di laut, serta simbol suara burung malam. (2) dimensi nilai lokal yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama, dan hubungan manusia dengan alam. (3) dimensi keterampilan lokal yaitu keterampilan masyarakat dalam menangkap ikan paus, membuat perahu, membuat tali, membuat makanan. (4) dimensi sumber daya lokal yang diperoleh dengan melaut dan barter. (5)
dimensi mekanisme pengambilan keputusan lokal yang meliputi pemerintahan kesukuan. (6) dimensi solidaritas kelompok lokal yang meliputi ritual keagamaan, upacara adat, dan gotong royong.
Kata Kunci : Kearifan Lokal, Suara Samudra, Tradisi Masyarakat Lamalera
Published
2019-04-25
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 1026