KEEFEKTIFAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PUTRI AL AZHAR PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Jeihan Desira Hayes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media youtube terhadap kemampuan menulis teks narasi peserta didik kelas VII SMP Putri Al Azhar Pasuruan tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Skala Likert, diketahui hasil aktivitas peserta didik dan pendidik saat proses pembelajaran menulis teks narasi menggunakan media youtube sangat baik. Peserta didik menjadi lebih bersemangat dan memerhatikan saat proses pembelajaran. Jika diteliti berdasarkan hasil belajar menulis cerita narasi, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar peserta didik meningkat saat menggunakan youtube sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penghitungan uji signifikansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh yaitu t0 = 3,57 dengan db = 46. Dengan d.b. 40 diperoleh ttabel pada t.s.0,05 = 2,02 dan t.s.0,01 = 2,70. Karena t0 yang diperoleh dalam penghitungan lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 0,05 maupun pada taraf signifikansi 0,01, maka t hitung masuk pada daerah penolakan dan hipotesis kerja diterima. Untuk hasil respons peserta didik menghasilkan 91%, berdasarkan Skala Likert dapat diketahui bahwa peserta didik sangat menyukai, menikmati dan bersemangat menggunakan youtube sebagai media pembelajaran menulis teks narasi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Youtube, Kemampuan Menulis Teks Narasi

This research aims to describe the effectiveness of youtube as the learning media toward narrative text writing ability for seventh grade Al Azhar female junior high school Pasuruan year 2018/2019. The result reveals that depends on Likert’s scale, the data analysis shows a very good result for both students and teacher activity in the process of learning narrative text by using YouTube as the learning media. The students seemed more enthusiastic and interest in the learning process. Further examination shows that there was a significant difference between students of the experimental class and control class in their narrative writing study result. The result of the study increased when the students using YouTube as the media, it was proven in the calculation of test significance for experiment class and control class. The result obtained t0 = 3,57 with db = 46 and with d.b. 40 ttable shows t.s.0,05 = 2,02 and t.s.0,01 = 2,70. Since t0 have a higher score than table in both significance level of 0.05 and 0,01, t test entered the rejection area means that the hypothesis received. While for the result of students response obtain 91%, depends on Likert’s scale it could be described that the use of YouTube as a learning media was well accepted by the students. It make them enjoy and more enthusiastic in the process of learning writing narrative text with YouTube as the media.

Keywords: Learning Media, Youtube, Narrative Text Writing Ability




Published
2019-05-09
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 146