Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Handmade Greeting Card terhadap Kemampuan Berdiskusi dan Mengembangkan Pendapat dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Peserta didik Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto

  • ANTON ARI WIBOWO

Abstract

Berbahasa merupakan suatu keterampilan yang penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berbahasa dapat diajarkan pada peserta didik melalui kegiatan berdiskusi dan mengembangkan pendapat. Berdiskusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama atau dalam tim secara teratur dan terarah untuk memecahkan sebuah masalah. Dalam memecahkan sebuah masalah dilakukan usaha untuk mencari gagasan atau pendapat yang kemudian dikembangkan dalam bentuk informasi sebagai solusi dan penjelasan yang lebih luas atas masalah yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh metode Think Pair Share (TPS) yang dibantu dengan media pembelajaran Handmade Greeting Card terhadap kemampuan berdiskusi dan mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto, dan (2) respon peserta didik kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto terhadap penerapan metode Think Pair Share (TPS) yang dibantu dengan media pembelajaran Handmade Greeting Card untuk kemampuan berdiskusi dan mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan kuesioner atau angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal dan tes akhir pada kelas kontrol 47,72 dan 61,85, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh 51,97 dan 78,66. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dari penerapan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Handmade Greeting Card. Hasil yang diperoleh melalui Uji-T sebesar 9,03 dan menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari t0 (9,03 > 1,67). Respon peserta didik untuk variabel bebas dan variabel terikat diperoleh persentase jawaban untuk masing-masing sejumlah 83,44% dan 82,53%. Artinya, peserta didik sangat antusias, nyaman, dan sangat menyukai pembelajaran yang diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Think Pair Share (TPS) yang dibantu dengan media pembelajaran Handmade Greeting Card dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi dan mengembangkan pendapat dalam pembelajaran teks eksposisi peserta didik kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Sooko, Mojokerto.

Kata Kunci: Think Pair Shar (TPS), Berdiskusi, Mengembangkan Pendapat
Published
2019-05-09
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 166