KEEFEKTIFAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • PRASTIKA REZI OKTAVIANI

Abstract

Pada kurikulum 2013 terdapat materi yang berkaitan dengan menulis, satu di antaranya menulis teks laporan hasil observasi. Keterampilan menulis peserta didik masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan ide menulis dan semangat belajar peserta didik masih rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, keefektifan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini termasuk jenis true experimental design atau penelitian yang sebenar-benarnya. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni observasi, tes (pretes dan postes), dan angket respons. Berdasarkan hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik di kelas eksperimen, diketahui bahwa hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran di kelas eksperimen memiliki rata-rata 92,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik di kelas eksperimen berjalan dengan lancar dan sistematis.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X-AKL SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sebelum mendapatkan perlakuan masih rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil pretes peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Rata-rata nilai pretes peserta didik kelas kontrol yaitu 72,61 dan rata-rata nilai pretes peserta didik kelas eksperimen yaitu 72,2.

Hasil postes untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas X-AKL SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sesudah mendapat perlakuan. Hasil postes kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata postes kelas kontrol yaitu 78,73 dan sebanyak 34 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM. Hasil tersebut menunjukkan sedikit peningkatan dari hasil pretes. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen yaitu 84,38 dan peserta didik yang nilainya memenuhi KKM sebanyak 34. Hasil tersebut mengalami peningkatan yang sigifikan dari hasil pretes.

Hasil perhitungan uji t diperoleh to = 5,567 dengan d.b. = 66. Hal tersebut menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu to = 5,567 > 1,996. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran efektif dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X-AKL3 SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Hal itu juga terbukti dari lembar angket yang diberikan pada peserta didik. Hasil analisis lembar angket respons peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran pada keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Pada lembar angket diketahui terdapat sepuluh pernyataan, seluruh pernyataan dari sepuluh pernyataan yang diberikan pada peserta didik masuk dalam kualifikasi “sangat baik”.

Kata Kunci : Facebook, menulis, teks laporan hasil observasi
Published
2019-05-10
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 29