Keefektifan Metode ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagu, Kediri

  • ARMY DEWANTI LIONI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran ARIAS, keefektifan metode pembelajaran ARIAS, respon belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Pagu Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental design. Penelitian dilakukan melalui dua tahap yaitu pretes dan postes. Hasil postes untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Pagu Kediri setelah mendapatkan perlakuan penerapan metode ARIAS mengalami peningkatan. Dilihat dari nilai rerata postes kelas eksperimen yaitu 83,7 dan 29 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Rerata nilai postes kelas kontrol yaitu 70,9 dan 19 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Hasil perhitungan uji t diperoleh t0 = 2,55 dan db = 60. Harga t di uji dengan menggunakan pengetesan satu skor pada t tabel, yakni diketahui harga t pada t tabel = 1,67, maka t hitung = 2,55 > 1,67. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi antara kelas eksperimen yang menggunakan metode ARIAS dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan metode ARIAS.

Kata Kunci: metode ARIAS, menulis, puisi.






Published
2019-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 34