Realitas Sosial dalam Transkrip Film Benyamin Biang Kerok Karya Hanung Bramantyo (Kajian Realisme Sosial Georg Lukacs)

  • SULAIMAN

Abstract

Abstrak

Salah satu film yang mengangkat realitas sosial yang terjadi di Indonesia pada tahun 2000-an adalah film Benyamin Biang Kerok karya Hanung Bramantyo. Naskah film Benyamin Biang Kerok Berisi tentang kisah tentang keseharian Benyamin yang baik hati dan selalu berusaha membantu warga atau masyarakat yang sedang kesusahan, Benyamin berusaha mengendalikan bahkan menghidupkan ekonomi masyarakat yang tidak mampu. Selain itu film Benyamin juga membantu kehidupan mereka dengan cara dia sendiri serta kemampuannya, Benyamin berusaha menyadarkan masyarakat bahwa manusia tidak pantas untuk ditindas, melainkan jika ditindas harus melawan selama yang dilakukan masih benar.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan realitas sosial dalam film Benyamin Biang Kerok karya Hanung Bramantyo, realitas sosial yang terjadi di Indonesia tahun 2000-an, serta menghubungkan antara realitas sosial yang terjadi dalam film Benyamin Biang Kerok karya Hanung Bramantyo dengan Realitas yang di Indonesia tahun 2000-an. Data penelitian ini berupa trans krip dari naskah film Benyamin Biang Kerok dan beberapa data dari surat kabar tentang ralitas yang terjadi di Indonesia.

Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik baca catat, teori yang digunaka untuk menganalisis film ini adalah realitas sosial George Lukacs. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan mimetik. Penelitia ini menghasilkan realitas krisis ekonomi, tindak kekerasan, budaya/keyakinan, pendidikan, (korupsi,kolusi, dan nepotisme) KKN, serta politik dan ekonomi.

Krisis ekonomi yang sangat mendominasi dalam film ini.Tindak kekerasan yang terjadi dalam film ini adalah ketika Sai’d menyiksa pembantunya. Budaya yang terdapat adalah ketika ondel-ondel khas betawi.Pendidikan, pendidikan yaitu ketika sekolah kecil dibangun untuk anak rusun. KKN adalah tindak suap. Terakhir adalah politik dan ekonomi ketika seorang dewan rakyat meminta bantuan pada mama Penky untuk Gubernur.Realitas sosial yang terjadi di Indonesia adalah realitas yang sudah beredar dalam beberapa surat kabar, dimana pristiwanya terjadi mulai tahun 2016-2018. Realitas yang terjadi di Indonesia sama dengan realitas yang terjadi dalam film tentang realitas Krisis Ekonomi, Tindak Kekerasan, Budaya/Keyakinan, pendidikan, (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) KKN, serta Politik dan Ekonomi. Hubungan yang terdapat dalam naskah film Benyamin Biang Kerok dengan realitas yang sudah terjadi di Indonesia, Realitas sosial dalam naskah film Benyamin Biang kerok karya Hanung Bramantyo merupakan gambaran dari realitas sosial yang sudah terjadi di Indonesia tahun 2000-an

Kata Kunci: realitas sosial, naskah film, dokumentasi sosial

Published
2019-05-15
Section
Articles
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 275