PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP

  • SINTA MAWARNI

Abstract

Pada kurikulum 2013, bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang mengedepankan pembelajaran berbasis teks. Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk menulis teks deskripsi. Media yang dikembangkan menggunakan program Sparkol Videoscribe yang dapat menghasilkan sebuah video menarik dengan tampilan gambar, tulisan, dan suara yang diinginkan. Media pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan model Sadiman dengan mengadaptasi model pengembangan Sugiyono dalam langkah validasi untuk menguji kevalidan produk. Sumber data penelitian ini yaitu, peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Bancar, pendidik, validator, dan pengamat. Data pada penelitian ini yaitu, proses pengembangan, dan kualitas media pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu, teknik validasi, teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Berdasarkan teknik yang digunakan maka instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu, lembar validasi, lembar observasi, soal hasil belajar, dan lembar angket. Data yang sudah dihasilkan kemudian dihitung secara kuantitatif menggunakan rumus pada teknik analisis data.

Hasil penelitian ini berupa proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan model Sadiman yang meliputi, analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan, merumuskan butir-butir materi, menyusun alat pengukur keberhasilan, menulis naskah media,validasi, uji coba, revisi, dan naskah siap diproduksi. Kualitas media pembelajaran “sangat efektif” dengan nilai 90,6 yang diperoleh dari hasil kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dikategorikan “sangat layak” dengan nilai rata-rata 92%. Keefektifan media pembelajaran masuk dalam kategori “sangat efektif” dengan nilai rata-rata 86,96. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil observasi aktivitas pendidik menunjukkan persentase 87%, hasil observasi aktivitas peserta didik menunjukkan persentase 90%, dan hasil belajar peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 83,9. Kepraktisan media pembelajaran menunjukkan persentase 93% yang masuk kategori “sangat praktis”.
Published
2019-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 145