Perjuangan Tokoh Karen dalam novel Sarongge : Perspektif Ekofeminis Sosialis-Transformatif

  • FITRIA HERDIANA UTAMI

Abstract

ABSTRAK

PERJUANGAN TOKOH KAREN DALAM NOVEL SARONGGE KARYA TOSCA SANTOSO: PERSPEKTIF EKOFEMINIS SOSIALIS-TRANSFORMATIF

Nama : Fitria Herdiana Utami

NIM : 15020074003

Program Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia

Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Moh Najid, M.Hum.

Kata Kunci : Ekofeminis, Ekofeminis Sosialis-Transformatif, Sarongge.

Peduli dengan lingkungan adalah salah satu kewajiban manusia untuk melestarikan kehidupan yang dijalaninya. Dalam dunia sastra, lingkungan memiliki peran untuk mewadahi para sastrawan dalam menulis karyanya. Menyampaikan pendapat serta kritikan tentang keadaan alam melalui karya-karyanya. Sastrawan yang menulis karyanya melihat ada keterkaitan antara lingkungan dengan sastra, hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mendorong pengarang menulis karya dengan tema alam atau lingkungan sekitar.

Novel Sarongge karya Tosca Santoso merupakan salah satu contoh karya sastra yang mengangkat kondisi alam sekitar dengan melibatkan perjuangan tokoh perempuan di dalamnya. Penelitian ini mendeskripsikan: (1) Perjuangan Tokoh Karen dalam menyelamatkan lingkungan pada Novel Sarongge karya Tosca Santoso, (2) Perjuangan Tokoh Rangga dalam menyelamatkan lingkungan pada Novel Sarongge karya Tosca Santoso, (3) Perjuangan Masyarakat Sarongge dalam menyelamatkan lingkungan pada Novel Sarongge karya Tosca Santoso.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang datanya ditunjukkan dengan kalimat, kutipan paragarf dan kutipan dialog dalam novel Sarongge karya Tosca Santoso. Teknik pengumpulan data dilakukan berulang-ulang agar pemahaman yang menyangkut rumusan masalah dipahami secara menyeluruh. Pemilahan data dilakukan dengan menandai data-data yang ditemukan dalam sumber data menggunakan sticker warna-warni, mencatat data-data sesuai rumusan masalah, kemudian memasukkannya ke dalam tabel klasifikasi.

Teori yang digunakan adalah ekofeminis, yang dibagi lagi menjadi 4 jenis, diantaranya adalah ekofeminis sosialis-transformatif. Ekofeminis sosialis-transformatif adalah teori yang memberi ruang berpikir tempat perempuan dan laki-laki dari seluruh dunia dapat berkumpul untuk bergabung dan bertukar pandangan feminis yang beragam (Tong, 2015: 391).

Penelitian ini membahas bentuk perjuangan yang dilakukan tokoh-tokoh dalam novel Sarongge karya Tosca Santoso. hal tersebut berdasarkan kesimpulan yang ditulis, perjuangan Karen menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang diakibatkan oleh keserakahan investor asing. Perjuangan Rangga yang membantu Karen dalam menjalankan misi ke beberapa daerah di Indonesia untuk menolong mereka yang terbelakang karena kerusakan lingkungan hidupnya oleh mereka yang mementingkan keuntungan daripada dampak kerusakan lingkungan dan keselamatan hidup manusia nantinya. Perjuangan masyarakat Sarongge yang berusaha menyelamatkan kehidupan warga Sarongge untuk mempertahankan hidupnya dan menjadikan kehidupan anak cucu nantinya lebih baik dengan melestarikan dan menghemat sumber daya alam yang ada.

Published
2019-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 273