KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH FAJAR DALAM NOVEL KABUT KOTA KARYA ICHSAN SAIF (KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW)

  • SITA ASMAYA

Abstract

ABSTRAK

KEBUTUHAN BERTINGKAT TOKOH FAJAR DALAM NOVEL KABUT KOTA KARYA ICHSAN SAIF : KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

Nama : Sita Asmaya

NIM : 15020074134

Program Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia

Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Moh Najid, M.Hum.

Kata Kunci : Psikologi Sastra, Kabut Kota, Psikologi Humanistik

Psikologi sastra merupakan dua gabungan ilmu yang terdiri atas psikologi dan sastra. Psikologi sastra berkaitan erat dengan jiwa, serta aspek-aspek kejiwaan seorang pengarang. Maknanya psikologi sastra difungsikan sebagai suatu pemahaman terhadap aspek-aspek kejiwaan dalam suatu karya sastra. Dapat dikatakan bahwa psikologi tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat. Secara tidak langsung suatu karya sastra memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam hal pemahaman, dan pola pikir.

Novel Kabut Kota karya Ichsan Saif merupakan salah satu contoh karya sastra yang menceritakan kehidupan anak jalanan di kota Jakarta. Permasalahan yang diangkat mulai dari kesenjangan sosial, ekonomi, pendidikan, status sosial, hubungan antara orang tua dengan anak, berpengaruh besar terhadap pola pikir serta psikologis tokoh utama. Berbagai usaha telah dilakukan oleh tokoh utama untuk keluar dari jurang kemiskinan, serta mengubah kemunduran pola pikir masyarakat miskin.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pada dasarnya sama dengan metode hermeneutika. Baik metode hermeneutika, kualitatif dan analisis isi, secara keseluruhan memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pustaka, dilakukan dengan cara membaca kritis serta memahami novel Kabut Kota karya Ichsan Saif, menandai data yang berkaitan dengan konsep psikologi humanistik Abraham Maslow, serta mengutip data berupa kata, frasa, kalimat, paragraf.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi humanistik Abraham Maslow mengenai keunikan sifat manusia dalam pemenuhan kebutuhan, yang di dalamnya terdapat lima konsep diantaranya (1). Kebutuhan fisiologis, (2). Kebutuhan akan Rasa Aman, (3). Kebutuhan dimiliki-memiliki dan kasih sayang, (4). Kebutuhan akan penghargaan, (5). Aktualisasi diri.

Published
2019-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 420
PDF Downloads: 432