RETORIKA PERSUASIF DALAM WACANA DI TWITTER ANTARA PENDUKUNG JOKOWI DAN PRABOWO

  • OCTAFIA RISA FHAMROZHIE

Abstract

Variasi kalimat persuasif yang digunakan oleh pendukung Jokowi maupun Prabowo menarik untuk diteliti dengan menggunakan teori retorika persuasif yang bertujuan untuk mendeskripsikan retorika persuasif yang terkandung dalam wacana pendukung Jokowi dan Prabowo.

Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan wacana di twitter dan data penelitian berupa wacana twitter yang mengandung ajakan sebagai pendukung Jokowi dan Prabowo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentatif dengan mengumpulkan wacana di twitter yang mengandung ajakan dari pendukung Jokowi maupun Prabowo, lalu dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung yang membagi data menjadi beberapa bagian sesuai dengan klasifikasi data lalu menggunakan metode padan dengan teknik hubung banding yakni mencari persamaan dan perbedaan dalam wacana.

Hasil penelitian ini berupa ditemukannya teknik persuasif rasionalisasi, identifikasi, sugesti, kompensasi, dan proyeksi yang terkandung dalam wacana pendukung Jokowi dan Prabowo. Taktik persuasif yang ditemukan dalam wacana pendukung Jokowi dan Prabowo terdapat taktik partisipasi, asosasi, pay off idea, icing device, dan red herring technique. Dalam wacana pendukung Jokowi ditemukan enam daya tarik motif dalam wacananya, diantaranya motif keselamatan, ingin tahu, prestasi, kasih sayang, harga diri, dan kekuasaan. Sedangkan dalam wacana pendukung Prabowo ditemukan daya tarik motif harga diri dan kekuasaan.

Published
2019-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 497