PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI EKSPOSISI (MONOEKSIS) DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X OTKP 2 DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

  • SUMARNI

Abstract

Berdasar hasil pengamatan yang dilakukan pada kelas X OTKP 2, telah ditemukan kendala-kendala dalam pembelajaran teks eksposisi. Adapun salah satu cara yang mampu mengatasi kendala peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dalam pembelajaran teks eksposisi ialah penggunaan media monopoli eksposisi (monoeksis). Media monopoli eksposisi (monoeksis) adalah media pembelajaran yang dicetak berbentuk papan. Media monopoli eksposisi (monoeksis) didesain dan dikemas secara menarik sehingga peserta didik lebih antusias dalam pembelajaran. Selain itu berisi materi pembelajaran teks eksposisi yang dikemas menarik pada kartu dana umum sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi teks eksposisi.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran dari sisi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Adapun dua rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ialah bagaimana proses pengembangan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 dan bagaimana kualitas media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi dari sisi kevalidan media monopoli eksposisi (monoeksis), keefektifan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi, kepraktisan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan menurut Sadiman.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kualitas pengembangan media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi pada peserta didik kelas X OTKP 2 di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Kualitas media monopoli eksposisi (monoeksis) disesuaikan dengan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasar hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai 85% sehingga dapat dikategorikan sebagai media yang valid. Keefektifan media monopoli eksposisi berdasar pada aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, dan ketuntasan tes hasil belajar peserta didik mencapai 98,75%. Kepraktisan media monopoli mencapai 93,6% sehingga dapat dikatakan bahwa media monopoli eksposisi (monoeksis) dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X OTKP 2 dapat dikategorikan media yang “memenuhi”.

Kata Kunci: Pengembangan dan Media Monopoli Eksposisi







Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 70