Pengembangan media teka-teki terintegrasi pantun dalam pembelajaran puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sugio Lamongan

  • TIYAN RAHAYU NINGTYAS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran teka-teki terintegrasi pantun dalam pembelajaran puisi rakyat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sugio Lamongan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran disekolah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan oleh Sadiman dkk. Data pengembangan media teka-teki terintegrasi pantun berupa deskripsi pengembangan media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP Negeri 3 Sugio Lamongan, teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket kebutuhan dan karakteristik peserta didik, lembar validator ahli, analisis pengataman aktivitas peserta didik dan pendidik, lembar tes hasil belajar peserta didik, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis data hasil angket kebutuhan peserta didik, analisis hasil validator ahli, analisis hasil pengamatan aktivitas pendidik dan peserta didik, analisis hasil belajar peserta didik, dan analisis hasil angket respon peserta didik.

Hasil penelitian pengembangan media teka-teki terintegrasi pantun meliputi kualitas media yang terdiri atas tiga aspek, yaitu kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Penelitian menunjukkan hasil kualitas media teka-teki terintegrasi pantun dalam pembelajaran puisi rakyat bagi peserta didik kelas VII-E SMPN 3 Sugio Lamongan layak digunakan dengan kriteria menujukkan “Sangat Berkualitas”dengan presentase rata-rata 83%. Pada aspek kevalidan, media teka-teki terintegrasi pantun berdasarkan komponen kualitas penyajian isi dan materi pada media Teka-teki memiliki kualitas “Baik” dengan presentase 78%. Sedangkan komponen kualitas penyajian media pada media Teka-teki memiliki kualitas “Sangat Baik” dengan presentase 88%. Pada aspek keefektifan media ditinjau dari hasil belajar peserta didik dikategorikan “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 87,2%. Hasil pengamatan pendidik menunjukkan kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 82,6%. Sedangkan aktivitas peserta didik menunjukkan kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 86%. Aspek ketia kepraktisan yang diperoleh dari hasil Respon peserta didik terhadap media teka-teki menunjukkan kriteria “Baik” dengan presentase 79,16%.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Teka-teki Terintegrasi Pantun, dan Puisi Rakyat.






Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 116