Pengembangan Media Vending Machine dalam Pembelajaran Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA Ta’miriyah Surabaya

  • LINDA DESY WULANDARI

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan pembelajaran teks negosiasi di SMA Ta’miriyah Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) proses pengembangan media vending machine dalam pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas X SMA, 2) kualitas media vending machine dalam pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas X SMA berdasarkan tiga aspek kualitas, yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media vending machine. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (desaign), (3) pengembangan (develope). Penelitian ini menghasilkan media vending machine dalam pembelajaran teks negosiasi kelas X SMA, proses pengembangan media dan kualitas media. Media vending machine diujicobakan sebanyak dua kali, yaitu pada uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil penelitian ini meliputi 1) proses pengembangan media menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, 2) kualitas pengembangan media vending machine dalam pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas X di SMA Ta’miriyah Surabaya, berdasarkan tiga aspek, yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kevalidan media vending machine dilihat dari penilaian tiga validator ahli dengan persentase keseluruhan 93,4%, yang tergolong dalam media yang “sangat valid”. Keefektifan media vending machine dilihat dari hasil belajar siswa, pengamatan aktivitas guru dan pengamatan aktivitas siswa dengan hasil persentase 87%, yang tergolong dalam kualifikasi “sangat efektif”. Kepraktisan media vending machine dilihat berdasarkan angket respons siswa dengan persentase 81% yang tergolong dalam kualifikasi “sangat praktis”. Berdasarkan hasil rekapitulasi, dapat diketahui bahwa jumlah persentase tiga aspek kualitas media mendapat persentase 87% dengan nilai 261,4, sehingga dapat diketahui bahwa media vending machine tergolong dalam media yang “sangat berkualitas”. Kata Kunci: pengembangan, media vending machine¸ teks negosiasi
Published
2019-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 53