Citra Perempuan dalam Film To The Bone Karya Marti Noxon: Kajian Mitos Kecantikan

  • ASLA ZAHRIYA SHUFFA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan citra perempuan dalam film To The Bone karya Marti Noxon dengan menggunakan kajian mitos kecantikan Naomi Wolf dan pandangan masyarakat (melalui tokoh laki-laki dan perempuan dalam film) terhadap citra tokoh perempuan film To The Bone. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik karena penelitian ini lebih menitikberatkan pada daya reseptif pembaca terhadap suatu karya sastra. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak catat. Metode analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dan hermeneutik yang memiliki langkah, yaitu (1) mencermati, (2) membaca heuristik dan hermeneutik, (3) menafsirkan data, dan (4) menyajikan laporan hasil penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film To The Bone karya Marti Noxon memiliki stigma negatif yang dilekatkan pada tokoh perempuan mengenai tubuh mereka, yang selanjutnya dikaji menggunakan kajian mitos kecantikan Naomi Wolf. Mitos kecantikan Naomi Wolf meliputi mitos kecantikan dalam lingkungan kerja, kebudayaan, religi, seks, menahan rasa lapar, dan kekerasan yang dihadapi oleh tokoh perempuan dalam film ini. Mitos kecantikan dalam lingkungan kerja yang dihadapi oleh tokoh perempuan melalui PBQ (professional beauty qualification) diterapkan dalam lingkungan kerja, bahkan memengaruhi perempuan di luar lingkungan kerja. Mitos kecantikan dalam kebudayaan dipengaruhi oleh permasalahan keluarga sebagai cara mencari perhatian. Mitos kecantikan dalam religi merupakan keyakinan yang menimbulkan ketakutan dalam diri tokoh perempuan. Mitos kecantikan dalam seks memengaruhi tingkat kepercayaan diri tokoh perempuan dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis. Mitos kecantikan dalam rasa lapar merupakan cara tokoh perempuan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Mitos kecantikan dalam kekerasan dihadapi oleh tokoh perempuan sebagai bentuk pemenuhan terhadap mitos kecantikan yang ada di masyarakat serta menghindari ketakutan yang mereka ciptakan.

Pandangan masyarakat melalui tokoh laki-laki dan perempuan dalam film terhadap citra tokoh perempuan dalam film To The Bone yang ditunjukkan dalam bentuk body shaming. Namun, tokoh lain memberikan pandangan lain berupa body postive campaign pula terhadap tokoh perempuan dalam film. Film To The Bone karya Marti Noxon mendorong kaum perempuan untuk mulai mencintai diri sendiri dan mengajak masyarakat untuk menghargai kaum perempuan tanpa menilai berdasarkan penampilan fisik saja.

Kata kunci: citra perempuan, mitos kecantikan, pandangan tokoh, dan film To The Bone.

Published
2019-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 456