INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL SURAYA KARYA NAFIAH AL MARAB (KAJIAN TEORI GEORG SIMMEL)

  • ELA NUR AINI

Abstract

Kata kunci : dunia sosial, karya sastra, sosiologi sastra, interaksi sosial Georg Simmel.

Aktivitas manusia berkembang semakin kompleks seiring dengan kepentingan yang mereka miliki. Dunia sosial yang di dalamnya terdapat individu sebagai pelaku sosial membutuhkan individu lain untuk menyelesaikan kepentingan mereka, hal ini membuktikan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Sikap saling membutuhkan itulah yang menjadi dasar timbulnya interaksi sosial dalam dunia sosial manusia. Sebuah karya sastra tidak bisa lepas dari cerminan kehidupan manusia sehari-hari. Dunia sosial menjadi ladang ide bagi pengarang untuk menghasilkan karyanya. Tulisan berupa skripsi ini mengambil topik tentang interaksi sosial di dalam sebuah karya sastra yang berupa novel dengan judul Suraya. Tujannya ialah untuk mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang tergambar dalam novel Suraya karya Nafi’ah Al Ma’rab dengan teori Georg Simmel tentang interaksi sosial. Selanjutnya tulisan ini diberi judul “Interaksi Sosial dalam Novel Suraya Karya Nafi’ah Al Ma’rab (Kajian Teori Georg Simmel)”.

Sumber data didekati dengan pendekatan sosiologis (sosiologi sastra) dengan mengambil metode deskriptif analisis untuk menguraikan dan memberi gambaran bagaimana bentuk interaksi sosial dalam novel Suraya karya Nafi’ah Al Ma’rab. Data yang berupa narasi, pernyataan, serta dialog, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Data yang ditemukan disajikan dalam bentuk deskripsi melalui subbab berdasarkan klasifikasi tipe interaksi sosial.

Penelitian ini mendapatakan hasil simpulan yaitu bahwa di dalam karya sastra tidak lepas dari kehidupan sosial manusia sehari-hari. Hal yang menjadi bukti ialah ditemukan data yang merupakan jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adanya interaksi sosial yang tergambar melalui tokoh-tokoh dalam cerita. Interaksi sosial tersebut berbentuk subordinasi (subordinasi di bawah individu, subordiasi di bawah kelompok, subordinasi di bawah prinsip umum), konflik, pertukaran, dan hubungan seksual. Tipe interaksi yang tergambar ialah interaksi sosial antarindividu, interaksi sosial individu dengan kelompok, serta interaksi sosial kelompok dengan individu.
Published
2019-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 482
PDF Downloads: 8096