KARAKTER ANAK MELALUI TINDAK TUTUR DALAM NOVEL KARYA ANAK: HARI-HARI DI RAINNESTHOOD KARYA SRI IZZATI DAN ELLINA SCHOOL KARYA ANETTA TIZIANKA WIBOWO

  • DEA SEPTIYANI JAYANTI

Abstract

ABSTRAK

Karakter anak merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mengembangkan karakter anak ke arah yang baik, karena karakter anak sangatlah penting dalam membentuk pribadi yang utuh dan dewasa. Karakter dapat dijadikan penyeimbang bagi perkembangan emosional dan spritual anak kedepannya dalam sikap yang ditampilkan pada kehidupan sehari-hari. Dalam memperoleh perwujudan karakter, makan terjadilah tindak tutur. Tindak tutur merupakan salah satu kajian teori dalam bidang ilmu pragmatik. Tindak tutur merupakan ucapan ujaran-ujaran terhadap lawan tutur atau mitra tutur. Tindak tutur bukan saja ujaran-ujaran yang diucapkan, akan tetapi berfungsi untuk melakukan sesuatu terhadap lawan tutur. Tindak tutur terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak lokusi merupakan tindakan melalui tuturan berupa ungkapan linguistik. Kemudian adanya tindak ilokusi, tindak ilokusi berfungsi untuk melakukan tindakan melalui tuturan dengan tujuan tertentu terhadap mitra tutur. Tindak perlokusi adalah tuturan yang bergantung pada tindakan yang dilakukan oleh penutur yang menimbulkan akibat kepada lawan tutur melalui tuturannya. Penelitian ini menganalisis tindak tutur dalam novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School, berupa bentuk tindak tutur yang dapat menjadikan perwujudan karakter anak. Berbagai macam karakter yang akan diperoleh dari novel anak tersebut malalui tindak tutur. Sehingga penelitian ini menarik untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur dan perwujudan karakter anak dalam novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena memperoleh data berupa teks tertulis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel karya anak Hari-hari di Rainnesthood dan Ellina School. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak baca dan teknik catat. Metode analasis data yang digunakan adalah metode padan ortografis dengan teknik analisis hubung banding pemerbedaan (HBB).

Sesuai dengan rumusan masalah, hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu karakter anak dalam bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi, jenis tindak ilokusi. Bentuk tindak tutur lokusi berfungsi menyampaikan makna tuturan linguistik penutur tanpa adanya keinginan respon dari mitra tutur. Kemudian ilokusi berfungsi sebagai tindak tutur yang selanjutnya mendapatkan respon dari mitra tutur berupa tindakan secara lisan maupun tindakan langsung. Selanjutnya, respon dari mitra tutur yang disampaikan penutur dalam bentuk ilokusi adalah tindak tutur perlokusi. Dalam tindak tutur tersebut terjadilah perwujudan karakter anak yang didukung dari tindak tutur antara penutur dan mitra tutur.

Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 188