PERBEDAAN TIPE KEPRIBADIAN TOKOH YASMIN DAN MAYA DALAM NOVEL MAYA KARYA AYU UTAMI (KAJIAN PSIKOLOGI KEPRIBADIAN: CARL GUSTAV JUNG)

  • RIDAUL AINI

Abstract

Penelitian ini mengkaji perbedaan tipe kepribadian pada tokoh Yasmin dan Maya dalam novel Maya karya Ayu Utami. Tokoh Yasmin merupakan bentuk ekstraversi dari novel Maya. Kemunculan Yasmin yang sering bersamaan dengan sikap Yasmin yang lebih banyak berhadapan dengan dunia di luar dirinya. Tokoh Yasmin memiliki peran memperlihatkan hal-hal yang berada di luar dirinya dan yang ada di luar dari lingkungan padepokan Suhubudi. Sedangkan Tokoh Maya merupakan bentuk dari sikap introversi pada novel Maya. Tokoh Maya berperan dalam memusatkan pada kondisi di dalam dirinya dan lingkungannya saja. Pusatnya diri tokoh Maya dan lingkungan pada novel Maya adalah di padepokan Suhubudi. Tokoh Maya yang lebih tertutup pada dunia luar, bertugas memperlihatkan hal-hal di dalam lingkungan yang tidak akan mampu dilakukan oleh tokoh Yasmin.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat dan riset kepustakaan, yaitu dengan membaca teks atau literatur yang menjadi sumber penelitian dan yang berkaitan dengan data penelitian. Teknik catat dilakukan dengan memberikan tanda berupa tulisan atau garis pada teks novel Maya karya Ayu Utami.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, (1) tipe kepribadian ekstraversi pada tokoh Yasmin adalah tipe ekstraversi—pikiran, tipe ekstraversi—perasaan, tipe ekstraversi—pengindraan, dan tipe ekstraversi—intuisi, (2) tipe kepribadian ekstraversi pada tokoh Maya adalah tipe ekstraversi—pikiran, ekstraversi—perasaan, dan tipe ekstraversi—pengindraan, (3) tipe kepribadian introversi pada tokoh Yasmin adalah tipe introversi—pikiran, tipe kepribadian introversi—perasaan, dan tipe introversi—pengindraan, (4) Tipe kepribadian introversi pada tokoh Maya adalah tipe introversi—pikiran, tipe kepribadian introversi—perasaan, tipe introversi—pengindraan, dan tipe introversi intuisi, (5) tokoh Yasmin dan Maya memiliki tujuh tipe kepribadian yang menunjukkan bahwa antara tipe ekstraversi dan introversi mereka tidak seimbang. Ketidakseimbangan tersebut menunjukkan bahwa tokoh Yasmin dan Maya belum dapat mencapai individuasi atau realisasi diri.

Published
2019-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 162