Pencapaian Kebutuhan Aktualisasi Diri Tokoh Peretas Gugus Asko dalam Novel Heksalogi Supernova Karya Dee Lestari (Kajian Psikologi HumanistikAbraham Maslow)

  • EKA NUR YULIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud pencapaian kebutuhan aktualisasi diri dan karakteristik aktualisasi diri Tokoh Peretas Gugus Asko dalam Novel Heksalogi Supernova karya Dee Lestari. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra tekstual . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tokoh Gio menjadi pendiri kantor ekspedisi, dan menjadi Peretas Kunci yang mengandung Peretas Puncak. Tokoh Bodhi menjadi seniman tato dan menjadi Peretas Kisi yang melihat 3 jalur, Infiltan Sarvara, dan Peretas. Tokoh Elektra menjadi penyembuh dan menjadi Peretas Memori yang mampu mendeskripsi memori yang telah hilang. Tokoh Toni menjadi pemilik warnet, pendiri komunitas mengenai cyber, dan menjadi Peretas Memori yang menggantikan Alfa sebagai pemimpin Gugus Asko. Tokoh Zarah menjadi fotografer wildlife dan menjadi Peretas Portal yang menjaga agar Peretas Puncak dapat turun dalam dirinya sesuai Hari Terobosan. Tokoh Alfa menjadi pegawai di Wall Street, menjadi Peretas Mimpi dan pemimpin Gugus Asko yang mengorbankan dirinya agar misi gugus dapat tercapai.

Karakteristik aktualisasi diri Tokoh Peretas juga berbeda-beda. Tokoh Gio memiliki 7 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang cukup dalam mengaktualisasikan diri. Tokoh Bodhi memiliki 12 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang sangat baik dalam mengaktualisasikan diri. Tokoh Elektra memiliki 10 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang baik dalam mengaktualisasikan diri. Tokoh Toni memiliki 9 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang baik dalam mengaktualisasikan diri. Tokoh Zarah memiliki 10 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang baik dalam mengaktualisasikan diri. Tokoh Alfa memiliki 6 karakter yang dapat dikategorikan berada pada rentang cukup dalam mengaktualisasikan diri.

Kata kunci : wujud pencapaian kebutuhan aktualisasi diri, karakteristik aktualisasi diri, Tokoh Peretas Gugus Asko, Novel Heksalogi Supernova, psikologi humanistik Abraham Maslow.

Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 369