POSTKOLONIALISME DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

  • RIKA NIMASARI

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk pandangan bangsa penjajah Belanda terhadap bangsa terjajah Hindia, serta mendeskripsikan bentuk penindasan yang dilakukan oleh bangsa penjajah terhadap bangsa terjajah, dan bentuk perlawanan yang dilakukan oleh Kartini terhadap bangsa penjajah. Ketiga aspek ini dideskripsikan untuk menganalisis Novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer dengan menggunakan teori postkolonialisme.

Penelitian ini menggunakan penelitian historis dalam menganalisis dengan sumber data novel Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer. Data penelitian ini berupa penggalan kalimat maupun paragraf yang menampilkan bentuk postkolonialisme. Penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan catat dalam mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan teori postkolonialisme dengan menggunakan konsep pandangan bangsa penjajah terhadap bangsa terjajajh, bentuk penindasan bangsa penjajah terhadap bangsa terjajah dan bentuk perlawanan Kartini terhadap bangsa penjajah.

Bentuk pandangan bangsa penjajah Belanda terhadap kaum terjajah Hindia yang meliputi anggapan merendahkan kaum pribumi jika dilihat dari sudut pandang orientalisme bangsa Barat. Bentuk penindasan ini diklasifikasikan penindasan fisik dan mental. Bentuk perlawanan yang dilakukan oleh Kartini terhadap kaum penjajah dengan mengubah pola pikir dan kehidupan rakyatnya yang mencontoh bangsa penjajah dengan bentuk hibriditas, diaspora, mimikri dan ambivalensi.

Kata kunci: Postkolonialisme, Bentuk Pandangan, Bentuk Penindasan, Bentuk Perlawanan

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 391
PDF Downloads: 2577