DIKSI DAN GAYA BAHASA PEMBAWA BERITA REDAKSIANA TRANS7

  • HENDRYTA DESTRIA PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Sebuah informasi yang dapat diperoleh oleh masyarakat dapat dalam bentuk sebuah berita. Berita yang disajikan dapat melalui surat kabar, radio, televisi, maupun media online. Berita merupakan sebuah informasi tentang suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi dan terbaru yang masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Pada penelitian ini peneliti lebih memilih menggunakan media informasi, yakni televisi yang mampu menghadirkan berita-berita terupdate dengan cepat dan yang tidak hanya mengahadirkan suara, tetapi juga menghadirkan video cuplikan pendek atau ilustrasi dari sebuah peristiwa yang sedang dibicarakan saat itu. Serta adanya musik sebagai hiburan yang lirik lagunya disesuaikan dengan berita yang sedang dibawakan guna mendukung informasi isi berita yang terkait tersebut. Sehingga peneliti memilih berita Redaksiana Trans7 sebagai objek penelitian yang digunakan. Berita Redaksianan ini mengandung sindiran yang membangun kepada masyarakat dari peristiwa-peristiwa yang disajikan tersebut.

Hal tersebut menarik perhatian peneliti untuk mengkaji lebih lanjut dalam penggunaan diksi dan gaya bahasa yang dituturkan pembawa berita dalam acara Redaksiana Trans7 yang unik dan menarik kerena memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap pembawaan beritanya. Dengan mengetahui tentang diksi dan gaya bahasa maka setiap orang dapat untuk memahami makna yang disampaikan dari setiap berita yang disajikan tersebut dengan mudah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Gorys Keraf tentang diksi dan gaya bahasa menyangkut sebuah makna bahasa. Serta teori Abdul Chaer tentang fungsi bahasa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berupa kata-kata atau kalimat yang terdapat dalam penyampaian berita oleh pembawa berita Redaksiana Trans7. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat.

Hasil dari penelitian ini berupa bentuk diksi yang dominan ditemukan dalam 10 berita Redaksiana adalah bentuk diksi umum. Untuk gaya bahasa yang sering digunakan adalah gaya bahasa retoris jenis gaya bahasa Erotesis dan gaya bahasa kiasan yang sering digunakan oleh pembawa berita Redaksiana Trans7 adalah gaya bahasa simile. Sedangkan untuk fungsi bahasanya yang dominan ditemukan adalah fungsi segi topik ujaran.

Kata Kunci: Berita, Diksi, Gaya Bahasa, dan Fungsi Bahasa

Published
2019-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 361
PDF Downloads: 256