Keetisan Kelompok Anak dalan Novel Anak Seri Kecil-kecil Punya Karya (KKPK) (Perspektif Karakter John Garmo)

  • VERONICA ANDREAN PRAKESTAWASTI

Abstract

Penelitian sastra anak menggunakan sumber data berupa empat novel anak seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Empat novel tersebut berjudul Ambilkan Bulan, The Five Smart Girls, Say No to Bullying, dan The Evergreen. Novel anak tersebut menunjukkan tindakan tokoh anak yang selalu membantu teman dan mengutamakan temannya. Dilihat dari tindakan tokoh tersebut menunjukkan bahwa anak berkarakter. Tindakan perilaku etis sekolompok anak dalam novel menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai karakter. Nilai-nilai dalam cerita novel dapat diinternalisasinya sebagai pengembangan karakter bagi anak.

Sastra anak diciptakan dengan tujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai moral untuk membentuk karakter anak. diteliti dengan teori sistem. Teori sastra anak ini bukan hanya melihat sastra dari tingkat teks itu sendiri, melainkan tindakan otoritas sosial terhadap teks yang cocok untuk anak-anak. Oleh karenanya pembuatan sastra anak digunakan sebagai media untuk menginternalisasi nilai moral untuk membentuk karakter anak. Karakter tersebut menurut John Garmo ada lima, yaiti kesetiaan, keberanian, kerendahan hati, kebaikkan, dan bersyukur bersyukur.

Hasil penelitian ini memamaparkan berbagai tindakan anak yang berkarakter sesuai dengan nilai moral. Karkater tersebut yaitu kesetiaan, keberanian, kerendahan hati, kebaikkan, dan bersyukur. Data hasil analisis menunjukkan bahwa, terdapat enam data kesetiaan, tujuh daya keberanian, enam data kerendahan hati, dua belas data kebaikaan, dan dua data bersyukur. Data tersebut menunjukkan analisis terhadap empat novel anak seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK).

Published
2019-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 168