KONJUNGSI PADA TEKS BACAAN BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

  • DEFI WULANDARI

Abstract

Abstrak

KONJUNGSI PADA TEKS BACAAN BUKU SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Nama :Defi Wulandari

NIM : 15020074040

Prodi :S1/ Pendidikan bahasa dan Indonesia

Fakultas :Bahasa dan Seni

Universitas :Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing :Prof. Dr. Kisyani Laksono, M. Hum.

Tahun : 2019

Buku siswa seharusnya memiliki keterkaitan antar unsur-unsur kalimat yang beragam. Unsur-unsur kalimat itu dihubungkan melalui penggunaan sebuah konjungsi. Menurut beberapa ahli, konjungsi memiliki berbagai jenis dan fungsi. Keberadaan konjungsi tersebut berguna untuk memperjelas pemahaman pembaca mengenai isi buku, dalam hal ini buku teks pelajaran. Menurut Alwi dkk (1998:440), konjungsi merupakan hubungan perkaitan proposisi yang dinyatakan secara eksplisit oleh unsur-unsur gramatikal dan semantik dalam kalimat-kalimat yang membentuk wacana.

Sebagai upaya tercapainya ketentuan umum Permendiknas tahun 2008 nomor 2 pada pasal 1 ayat (3) maka disusunlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan jenis, fungsi, dan frekuensi konjungsi yang ada dalam teks bacaan buku siswa kelas X revisi 2016, kelas XI revisi 2017, dan kelas XII revisi 2018 sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai pertimbangan penulis dalam meningkatkan penggunaan konjungsi dalam bukunya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bantuan kuantitatif berjenis deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan mendeskripsikan seta memaparkan data-data yang ada, kemudian data yang ada dianalisis tidak menggunakan prosedur statistik maupun bentuk hitungan lainnya.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh (Chaer, 2008:98) yang berbunyi konjungsi atau kata penghubung adalah kata-kata yang menghubungkan satuan-satuan sintaksis, baik antara kata dengan kata, antara frase dengan frase, antara klausa dengan klausa, atau antara kalimat dengan kalimat. Konjungsi dikelompokkan menjadi 3 bentuk yaitu Koordinatif, Subkoordinatif, dan Antarkalimat.

Dari penelitian ini ditemukan bentuk konjungsi 1) koordinatif, 2) subkoordinatif, 3) antarkalimat dalam ketig buku. Jenis konjungsi Koordinatif terbanyak ditemukan didalam buku kelas X1 yaitu sebanyak 19 jenis sedangkan buku kelas XII ditemukan 18 jenis dan yang paling sedikit jenisnya yaitu pada teks bacaan buku kelas X yaitu 8 jenis. Kemudian jenis Subkoordinatif terbanyak terdapat dalam buku kelas X yaitu 25 jenis sedangkan buku kelas XI yaitu 24 jenis dan buku kelas XII yaitu 14 jenis. Konjungsi antarkalimat jenis terbanyak ditemukan didalam teks bacaan dalam buku kelas X yaitu 6 jenis, buku kelas XII terdapat 4 jenis, buku kelas XI terdapat 3 jenis.

Fungsi konjungsi koordinatif yang muncul pada buku kelas X terdapat 5 fungsi yaitu meliputi (F1,f2,f3,f4,f8) pada buku kelas XI terdapat 8 fungsi yaitu (F1,f2,f3,f4,f5,f6,f7,f8) pada buku kelas XII terdapat 8 fungsi yaitu (F1,f2,f3,f4,f5,f6,f7,f8).

Frekuensi konjungsi Koordinatif dalam teks bacaan buku siswa kelas (X terdapat 259 kali kemunculan konjungsi KO), (XI terdapat 523 kali kemunulan konjungsi KO), (XII terdapat 701 kali kemunculan konjungsi KO). Frekuensi konjungsi Subkoordinatif yang terdapat dalam buku siswa kelas (X terdapat 267kali kemunculan konjungsi SK), (XI terdapat 308 kali kemunulan konjungsi SK), (XII terdapat 163 kali kemunculan konjungsi SK). Frekuensi konjungsi Antarkalimat yang terdapat dalam buku siswa kelas (X terdapat 37 kali kemunculan konjungsi AK), (XI terdapat 9 kali kemunulan konjungsi AK), (XII terdapat 20 kali kemunculan konjungsi AK).

Berdasarkan ketiga hal tersebut tampak bahwa pemakaian konjungsi dalam buku siswa kelas X revisi 2016, XI revisi 2017, XII revisi 2018 masih perlu dicermati karena perkembangannya kurang baik.

Kata Kunci : Konjungsi, buku siswa

Abstract

CONJUNGCTION ON INDONESIAN STUDENTS BOOKING READING TEXT OF HIGH SCHOOL LEVELS (HIGH SCHOOL) PUBLISHED MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE.

Name : Defi Wulandari

NIM : 15020074040

Study Program : S1/ Language Education and Indonsia

Faculty of Language and art

University : Surabaya State University

Advisor : Prof. Dr.Kisyani Lasono, M. Hum

Year : 2019

Keyword : Conjungction, Student book

Student books should have links between various sentence elements. The sentence elements are connected through the use of a conjunction. According to some experts, conjunctions have various types and functions. The existence of these conjunctions is useful to clarify the readers understanding of the contents of the book, in this case the textbook. According to Alwi et al (1998: 440), conjunction is a linking relationship of propositions that are expressed explicitly by grammatical and semantic elements in the sentences that make up the discourse.

In an effort to achieve the general provisions of the 2008 Permendiknas number 2 in article 1 paragraph (3), this study was prepared to identify the forms and types, functions, and frequency of conjunctions in the reading text of students of class X revision 2016, revised XI class 2017 , and revised XII class 2018 so that the results of the study can be used as a consideration for the author in increasing the use of conjunctions in his book.

This study used a qualitative approach with descriptive quantitative assistance. Qualitative descriptive research is a research that is conducted by describing the existing data, then the existing data analyzed does not use statistical procedures or other forms of calculation.

The theory used in this study is the theory put forward by (Chaer, 2008: 98) which reads conjunctions or conjunctions are words that connect syntactic units, both between words and words, between phrases with phrases, between clauses and clauses , or between sentences with sentences. Conjunctions are grouped into 3 forms: Coordinative, Sub-coordinative, and Inter-Talent.

From this study found the form of conjunctions 1) coordinative, 2) sub-coordinative, 3) interfaith in the three books. The most coordinated conjunction types found in the book class X1 are as many as 19 types while the class XII books are found in 18 types and the least types are those in the text reading book class X which is 8 types. Then the most sub-coordinate types are found in class X books, which are 25 types while books in class XI are 24 types and class XII books are 14 types. The most types of interfaith conjunctions found in the reading text in class X books are 6 types, class XII books have 4 types, class XI books have 3 types.

The coordinative conjunction functions that appear in class X books have 5 functions, which include (F1, f2, f3, f4, f8) in class XI books, there are 8 functions, namely (F1, f2, f3, f4, f5, f6, f7, f8) in class XII there are 8 functions, namely (F1, f2, f3, f4, f5, f6, f7, f8).

Coordinative conjunction frequency in class student text reading text (X there are 259 times the occurrence of KO conjunctions), (XI there are 523 times KO conjunctions), (XII there are 701 occurrences of KO conjunctions). Sub-coordinate conjunction frequency contained in class student books (X is 267 times the emergence of SK conjunctions), (XI there are 308 occurrences of SK SKJ conjunctions), (XII there are 163 occurrences of SK conjunctions). The frequency of intercalms conjunctions contained in class student books (X there are 37 times the appearance of AK conjunctions), (XI there are 9 times the occurrence of AK conjunctions), (XII there are 20 times the appearance of AK conjunctions).

Based on these three things, it appears that the use of conjunctions in the 2016 revised class X student book, 2017 revised XI, 2018 revision XII still needs to be examined because the development is not good enough.


Keywords: Conjunction, student book








Published
2019-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 406