Penerapan Metode Kooperatif tipe Jigsaw pada Pembelajaran Menulis Teks Drama SMP Negeri 1 Driyorejo

  • ARYA DHANA ISWARA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa rumusan masalah, diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana proses penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw, (3) Bagaimana respon siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw, (3) Respon siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Driyorejo Tahun Ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode deskriptif kualitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Experimemt dengan desain pembelajaran Pre-test dan Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, penilaian unjuk kerja, angket. Observasi bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran. Penilaian unjuk kerja bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa saat pretes dan postes. Angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini pada proses penerapan kooperatif tipe jigsaw menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis teks drama tanpa menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw atau sebelum perlakuan (treatment) yang berada pada baik sebesar 38,46% dan yang berada pada sangat baik sebesar 61,54% sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw atau setelah perlakuan (treatment) yang berada pada baik sebesar 41,7% yang berada pada sangat baik sebesar 58,3%. Serta aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks drama tanpa menggunakan metode kooperatif jigsaw yang berada pada cukup sebesar 26,7%, lalu yang berada pada baik sebesar 53,3% dan yang berada pada sangat baik sebesar 20% sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw yang berada pada baik sebesar 53,3% dan yang berada pada sangat baik sebesar 46,7%. Hasil belajar siswa saat pre-test keseluruhan adalah 1858 dengan rata-rata kelas sebesar 53,8 dan hasil belajar siswa saat post-test keseluruhan adalah 2730,6 dengan rata-rata kelas sebesar 86,6 dengan perbedaan selisih nilai keseluruhan 872,6 dan perbedaan selisisih rata-rata kelas 32,8. Nilai keseluruhan kelas mengalami peningkatan sebesar 46,9% dan rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 60,9%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis teks drama dengan metode kooperatif jigsaw, 90,6% menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw membantu, menyenangkan, dan tidak membosankan dan 9,4% menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw

Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Menulis, Teks Drama

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 89