PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS)BERBANTUAN MEDIA ROULETTE KEBERUNTUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PESERTA DIDIK KELAS X DESAIN PEMODELAN INFORMASI DAN BANGUNAN SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO

  • FIKRA ARDIANUS LETTE

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ROULETTE KEBERUNTUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PESERTA DIDIK KELAS X DESAIN PEMODELAN INFORMASI DAN BANGUNAN SMK NEGERI 1 KOTA MOJOKERTO

Nama : FikraArdianusLette

NIM : 15020074138

Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan : Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dra.TrinilTuristiani, M. Pd..

Tahun : 2019

Pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK dalam kurikulum 2013 revisi terbaru merupakan pembelajaran yang tidak terlepas dari menulis. Seperti halnya dalam kompetensi dasar Teks Negosiasi. Penerapan kegiatan Negosiasi ini tidak hanya berbentuk lisan tetapi juga berbentuk tulisan yaitu berupa teks negosiasi yang memudahkan seseorang dalam berinteraksi. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal tersebut, perlu adanya metode serta media yang tepat. Metode serta media tersebut adalah metode ThinkPairShare (TPS) berbantuan media Roulettekeberuntungan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ThinkPairShare (TPS) berbantuan media roulette keberuntungan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi peserta didik kelas X desain pemodelan informasi dan bangunan SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dengan model pretes-posttets group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X DPIB 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Roulette keberuntungan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan aktivitas pendidik kelas kontrol memerolehnilai 66% dan aktivitas peserta didik memerolehnilai 63%, sedangkan aktivitas pendidik kelas eksperimen memeroleh nilai 81% dan aktivitas peserta didik memerolehnilai 90%. Hasil belajar peserta didik menggunakan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Roulette keberuntungan mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikan rata-rata nilai kelas eksperimen dari 37% ke 81% dengan selisih 44% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan kenaikan rata-rata nilai 64% ke 80% dengan selisih 16%. Selain itu, hasil hitung t menunjukan bahwa thitunglebih besar dari ttabelyaitu (5,8 ≥ 2,26), dengan demikian hipotesis kerja diterima. Selajutnya hasil respon peserta didik yang baik terhadap penggunaan metode Think Pair Share (TPS) berbantuan media Roulette keberuntungan saat pembelajaran menulis teks negosiasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan presentasi peserta didik yang menjawab “Ya” sebanyak 97,17% dan yang menjawab “Tidak” sebanyak 2,82%.


Kata Kunci :Pengaruh Metode TPS, Media Roulette, Kemampuan Menulis Teks Negosiasi.



ABSTRACT

THE EFFECT OF THINK PAIR SHARE (TPS) METHOD ASSISTED FOR LUCK ROULETTE MEDIA ON WRITING ABILITY OF TEXT NEGOTIATION PARTICIPANTS IN CLASS X DESIGN MODELING OF INFORMATION AND BUILDING OF STATE 1ST VOCATIONAL SCHOOL IN MOJOKERTO CITY

Name : Fikra Ardianus Lette

NIM : 15020074138

Study Program : Indonesian Language and Literature Education

Department : Indonesian Language and Literature

Faculty of Language and Art

Name of Institution : Surabaya State University

Advisor : Dra.Trinil Turistiani, M. Pd ..

Year : 2019

Learning Indonesian language in class X Vocational School in the latest revised 2013 curriculum is learning that can not be separated from writing. As is the case with the Negotiating Text basic competencies. The implementation of Negotiation activities is not only in the form of oral but also in the form of writing, in the form of negotiating texts that make it easier for someone to interact. To improve the ability of students in this case, there needs to be appropriate methods and media. The method and media are the media-assisted Think Pair Share (TPS) method of luck Roulette.

This study aims to determine the effect of the Think Pair Share (TPS) method assisted by roulettek Luck media on the ability to write negotiating texts in class X information and building modeling designs of SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. The type of research used in this study is experimental research with research design True Experimental Design with the pretest-posttets group model disgn. The sample of this study was class X DPIB 2 as the control class and class X DPIB 3 as the experimental class. Data collection techniques used in this study were observation, tests and questionnaires.

The results of the study show that the use of the Think Pair Share (TPS) method assisted by Roulettes media luck on the ability to write negotiating texts goes well. This can be evidenced by the activity of the control class educator obtaining a value of 66% and the activity of students obtaining a value of 63%, while the activity of the experimental class educator obtained a value of 81% and the activity of students obtained a value of 90%. Learning outcomes of students using the Think Pair Share (TPS) method assisted by media luck Roulette experienced a significant increase compared to conventional methods. This can be evidenced by the increase in the average value of the experimental class from 37% to 81% with a difference of 44% higher than the control class using the conventional method with an increase in the average value of 64% to 80% with a difference of 16%. In addition, the result of t count shows that tcount is greater than t table, that is (5.8 26 2.26), thus the working hypothesis is accepted. Furthermore, the results of good student responses to the use of Think Pair Share (TPS) methods assisted by media Roulette luck when learning to write negotiating texts. This can be proven by the presentation of students who answered "Yes" as much as 97.17% and those who answered no as much as 2.82%.


Keywords : Effect of TPS Method, Media Roulette, Ability to Write Negotiating Text.





Published
2019-08-02
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 98