Representasi Metaforis Kalimat Mutiara pada Akun Instagram @yang.terdalam

  • MAYA IRFATUL FARIDAH

Abstract

Abstrak

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sudah tidak asing dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Adanya akun instagram sebagai media sosial yang digemari, menimbulkan adanya akun-akun yang mengunggah kata-kata mutiara, salah satunya akun instagram @yang.terdalam berisikan kalimat mutiara yang cenderung menggunakan metafora pada tiap kalimatnya. Representasi metaforis dapat digunakan untuk meneliti kalimat mutiara pada akun instagram @yang.terdalam.

Representasi metaforis tersebut dikaji berdasarkan dua rumusan masalah melalui penelitian, yaitu 1) Bagaimana representasi metaforis pada kalimat mutiara dalam menampilkan realitas pada akun instagram @yang.terdalam, 2) Bagaimana kalimat metaforis yang terdapat pada akun instagram @yang.terdalam. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menghasilkan deskripsi tentang realitas yang ditampilkan dan kalimat metaforis yang terdapat dalam akun instagram @yang.terdalam.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata mutiara dan kalimat metaforis pada gambar akun instagram @yang.terdalam, sumber data pada penelitian ini pada akun instagram @yang.terdalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini yaitu 1) representasi metaforis pada akun instagram @yang.terdalam menampilkan realitas harapan, realitas perpisahan, realitas kesedihan, realitas kerinduan. 2) kalimat metaforis kata mutiara pada akun instagram @yang.terdalam berupa kalimat majemuk. Bentuk metafora biasanya berada pada induk kalimat. konjungsi terletak dibagian awal anak kalimat atau kalimat keduaa, juga berada di awal kalimat dan di tengah kalimat.

Kata Kunci : Representasi, Metafora, Kalimat Mutiara, instagram.

Published
2019-10-22
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 102