Sindonews Online dalam Pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama Kasus Penodaan Agama Edisi April 2017 (Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)

  • DIKI FAJAR ABDUL ROHKMAN

Abstract

Kata kunci: analisis wacana kritis, dimensi tekstual, dimensi kewacanaan, dimensi sosiokultural, Sindonews Online

Penelitian ini mengaji dimensi tekstual, kewacanaan, dan sosiokultural berita mengenai Basuki Tjahaja Purnama dalam kasus penodaan agama yang diterbitkan oleh Sindonews Online edisi April 2017. Rumusan masalah pada penelitian meliputi dimensi tekstual, kewacanaan, dan sosiokultural pada berita sesuai dengan teori yang digunakan, yakni teori analisis wacana kritis model Norman Fairclough.

Sumber data dalam penelitian ini yakni 31 berita yang diterbitkan Sindonews Online pada April 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, simak, dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kajian isi dan teknik catat. Dalam tahap analisis data, teknik yang digunakan adalah teknik deskriptif. Teknik deskriptif adalah pendeskripsian data berdasarkan rumusan masalah. Pada penelitian ini, tahapan analisis data model Norman Fairclough dilakukan dalam tiga tahap yakni deskripsi, interpretasi, dan eksplanasi.

Hasil penelitian ini diuraikan sebagai berikut. Hasil analisis dimensi tekstual berita yang meliputi hasil analisis representasi dalam rangkaian anak kalimat yang menunjukkan tindakan pada bentuk proses, dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai aktor pelaku pada bentuk partisipan. Representasi dalam rangkaian antarkalimat menunjukkan hasil representasi saling mendukung. Relasi yang ditunjukkan cenderung menghubungkan pembaca pada Tokoh dan Pengamat Politik. Identitas yang dimunculkan cenderung memosisiskan wartawan sebagai bukan bagian dari Basuki Tjahaja. Lalu, intertekstualitas yang ditampilkan yakni manifest intertectuality dan interdiscursivity.

Hasil analisis dimensi kewacanaan berisi hasil interpretasi pembaca. Lima interpretasi pembaca menyatakan adanya penyudutan terhadap Basuki Tjahaja Purnama, dan dua interpretasi pembaca m,enyatakan adanya keberpihakan pada pihak kontra Basuki Tjahaja Purnama.

Lalu, hasil analisis dimensi sosiokultural meliputi analisis situasional, institusional, dan sosial saat berita diterbitkan. Hasil analisis ketiga dimensi yang sudah diperoleh, dijabarkan dalam pembahasan untuk mengetahui konstruksi wacana yang ditampilkan oleh Sindonews Online.

Published
2019-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 54