Variasi Bentuk Kata Pada Media Sosial Instagram Di Kalangan Milenial Perkotaan Di Indonesia

  • SINDI CHARISMA PUTRI

Abstract

Kata Kunci: Instagram, milenial dan variasi kata.

Media sosial dari zaman ke zaman pasti mengalami perkembangan dan mengalami masa jayanya sendiri. Saat ini media sosial yang terbaru dan banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia adalah media sosial instagram. Media sosial ini gunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna di berbagai belahan dunia melalui jejaring internet. Media sosial ini juga banyak diminati oleh seluruh orang di dunia setelah facebook muncul. Kaum milenial adalah salah satu penikmat atau pemakai instagram paling aktif, hal ini terjadi karena kaum milenial merupakan generasi yang paling melek terhadap teknologi. Mereka lahir pada masa dimana teknologi internet sedang marak berkembang. Fitur yang ada pada instagram mendukung adanya komunikasi di dalamnya. Dalam interaksi tersebut dipastikan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasinya. Bahasa yang digunakan memunculkan berbagai macam variasi bahasa yang dapat dilihat pada pengguna instagram. Varias yang muncul dilihat dari kalimat-kalimat tertulis yang ada pada postingan pengguna instagram. Variasi yang muncul pada media sosial instagram mengakibatkan adanya gejala bahasa. Karena gejala bahasa merupakan peristiwa yang menyangkut tentang bentukan-bentukan kata atau kalimat pada bahasa.

Skripsi yang berjudul Variasi Bentuk Kata Pada Media Sosial Instagram Kalangan Milenial Perkotaan di Indonesia ini membendah tentang bentuk variasi kata apa saja yang ditemukan dan bagaimana proses pembentukannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena dalam penelitian ini tidak dipandu dengan teori terlebih dahulu melainkan dipandu dengan data yang sudah ada, lalu dianalisis menggunakan teori. Data pada penelitian ini berbentuk kata yang diunggah oleh pengguna media sosial instagram dan sumber data yang digunakan ialah akun milik pengguna media sosial instagram. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa macam proses pembentukannya, yaitu: pembentukan hiperkorek, kontraksi, reduksi jenis apokop, adisi jenis epentesis, reduksi jenis sinkop, reduksi jenis afresia, monoftongisasi dan adaptasi fonologi. Namun ada penemuan data yang tidak diketahui macam pembentukannya.

Penemuan bentuk kata yang ada pada media sosial instagram nantinya akan dilanjutkan dengan proses pembentukannya dan dijelaskan satu persatu dilihat dari struktur kata yang ada serta pengaruh lain yang memengaruhi kata tersebut dapat terbentuk. Penjabaran yang akan dilakukan dalam penelitian ini akan dijabarkan sedetail mungkin melalui deskripsi-deskripsi kalimat seperti yang ada pada kaidah penelitian kualitatif.





Published
2019-12-05
Section
Articles
Abstract Views: 168
PDF Downloads: 260