Keefektifan Metode Sugestopedia Bermedia Lagu Religi Pada Pembelajaran Menulis Puisi Kreatif Siswa Kelas X SMAS Manbail Huda Jenu-Tuban

  • YULI RATNASARI

Abstract

Abstrak

Pada proses pembelajaran terdapat metode sebagai strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni, siswa mampu menguasai dan memahami materi yang telah diajarkan. Metode konvensional ceramah dirasa membosankan bagi siswa. Untuk meningkatkan kemampuan dan semangat belajar siswa perlu adanya variasi dalam penggunaan metode. Metode tersebut adalah metode sugestopedia bermedia lagu religi digunakan dalam pembelajaran menulis puisi kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektivan metode sugestopedia bermedia lagu religi pada kemampuan menulis puisi kreatif siswa kelas X SMA Manbail Huda. Jenis penelitian yang digunakan True Experiment dengan desain control group experimen. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA sebagai kelas kontrol dan X IPS sebagau kelas eksperimen karena di sekolah ini pada masing-masing tingkatan kelas hanya terdiri dari dua kelas saja. Penyebabnya adalah jumlah siswa di sekolah ini sedikit sehingga tidak mungkin dilakukan pembagian kelas lebih banyak lagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Sugestopedia bermedia lagu religi pada kemampuan menulis puisi kreatif berjalan efektif. Hal itu dapat dibuktikan dengan hasil persentase aktivitas siswa kelas kontrol 75% dan aktivitas guru 77,5%, sedangkan persentase aktivitas siswa kelas eksperimen 86,3% dan aktivitas guru 90%. Hasil belajar siswa menggunakan metode Sugestopedia bermedia lagu religi mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan metode ceramah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikaan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 58 ke 73 dengan selisih 15 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata rata dari 52 ke 61 dengan selisih 9. Selain itu, hasil hitung t menunjukan lebih besar dari yaitu (6) yang membuktikan bahwa metode ugestopedia bermedia lagu religi efektif diterapkan pada pembelajaran menulis puisi kreatif. Selanjutnya hasil respon siswa sangat baik teradap penggunaan metode Sugestopedia bermedia lagu religi saat pembelajaran menulis puisi kreatif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan persentase siswa yang menjawab “Ya” sebanyak 95,92% dan yang menjawab “Tidak” sebanyak 4,07%.

Kata Kunci : Metode Sugestopedia, Lagu Religi, Pembelajaran Menulis Puisi Kreatif

Published
2019-12-05
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 29