PENGEMBANGAN MEDIA BUKU TEROWONGAN (TUNNEL BOOK) UNTUK PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP

  • NIFIAH PRATIWI

Abstract


Abstrak

Pembelajaran yang ideal sepatutnya memuat proses interaksi guru dan siswa, memotivasi, menyenangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya belajar pada buku teks, lks, modul, dan sejenisnya. Media tunnel book dapat memudahkan siswa untuk mengidentifikasi jalan cerita dalam bentuk gambar yang konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) proses pengembangan media tunnel book untuk pembelajaran mengidentifikasi teks narasi pada siswa kelas VII di SMP dan, (2) kualitas media tunnel book yang terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk pembelajaran mengidentifikasi teks narasi siswa kelas VII di SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan media oleh Sadiman dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah dalam pengembangan media tunnel book terdiri atas 1) Mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, 2) Merumuskan tujuan, 3) Merumuskan butir-butir materi, 4) Merumuskan alat pengukur keberhasilan, 5) Menulis naskah media, 6) Melakukan tes atau uji coba, 7) Melakukan Revisi, dan 8) Naskah siap diproduksi. Subjek dan data penelitian ini ialah siswa kelas VII-C di UPT SMPN 2 Gresik. Berdasarkan hasil penelitian, kevalidan media tunnel book memperoleh kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 90%. Kepraktisan media tunnel book diperoleh melalui angket respons siswa dengan persentase 88,17% dengan kategori “Sangat Praktis”. Keefektifan media diperoleh melalui tes hasil belajar siswa, hasil pengamatan guru dan siswa yang dikategorikan “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 86,53, aktivitas guru menunjukkan persentase 90,52% dan aktivitas siswa menunjukkan persentase 90,90%. Berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media, kualitas media tunnel book dapat dikategorikan “Sangat Berkualitas” dengan persentase 88,84%. Media buku terowongan (tunnel book) memenuhi kriteria untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, media tunnel book, teks narasi






Published
2020-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 36