PENGEMBANGAN MEDIA AKSI RODA BERPUTAR (SI Rotar) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA

  • ZUYYINA LUTFAH AMALIA

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih senang dan tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Selain itu, bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proses Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Penelitian dan pengembangan dalam pendidikan berawal dari adanya kebutuhan permasalahan yang membutuhan jalan keluar. Dengan menggunakan produk maka masalah akan teratasi. Pengembangan produk dalam penelitian ini berbentuk media pembelajaran dengan menggunakan tahapan-tahapan menurut Sadiman. Sumber data dalam penelitian adalah peneliti, sumber data dalam kevalidan adalah validator, sumber data dalam kepraktisan dan keefektifan adalah guru dan siswa. Data penelitian diperoleh dari infromasi proses pengembangan media yang dianalisis sesuai dengan tahap perkembangan, informasi kualitas media dari validator, infromasi kepraktisan yang diperoleh dari angket respons siswa, informasi keefektifan yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta nilai tes hasil belajar. Teknik dalam pengumpulan data terdapat empat teknik yakni, angket, validasi, observasi, dan tes. Pada penelitian pengembangan media diperlukan instrumen penelitian yakni, lembar angket, lembar validasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan teknik pengumpulan data dilakukan penganalisisan data yakni, angket untuk mengetahui kebutuhan siswa, validasi untuk mengtahui hasil kualitas media, observasi untuk mengtahui respons guru dan siswa saat menggunakan media pembelajaran, dan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Penelitian Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) menunjukkan bahwa penelitian berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur tahapan pengembangan Sadiman. Sebelum melaksanakan penelitian, perlu bagi peneliti mengatahui kebutuhan siswa dengan menyebarkan angket. Menurut hasil angket kebutuhan siswa dan validasi media menyatakan bahwa pengembangan media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) layak untuk digunakan pembelajaran materi teks negosiasi. Media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan secara berkala karena hasil yang dapat diperoleh dari kualitas media yang terdiri dari kevalidan media, kepraktisan media, dan keefektifan media mencapai hasil yang baik. Kevalidan media dapat diketahui oleh dua validator yakni, validator ahli media, dan validator materi dan bahasa yang telah menilai bahwa media yang diproduksi oleh peneliti merupakan kategori “sangat layak” untuk pembelajaran materi teks negosiasi karena aspek kelayakan media dan isi jika dirata-rata mencapai 88%. Kepraktisan media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) dapat diketahui dari angket respons siswa yang dibagikan setelah proses pembelajaran menggunakan media Aksi Roda Berputar (Si Rotar). Dari perhitungan hasil akhir nilai angket respons siswa dapat dikategorikan “Sangat Kuat” karena hasil akhir perhitungan mencapai 86% yang berarti siswa senang dengan cara belajar sambil bermain dengan menggunakan media Aksi Roda Berputar (Si Rotar). Keefektifan media dapat diketahui dari Hasil akhir belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Aksi Roda Berputar (Si Rotar), dapat dikategorikan “Sangat Baik” karena perhitungan mencapai 100% yang berarti seluruh nilai siswa tidak ada yang dibawah KKM.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Si Rotar, Teks Negosiasi

Published
2020-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 215
PDF Downloads: 283