PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR BERBASIS REALITAS TERTAMBAH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA/MA

  • ERFIN NIKMATUS SOFIYAH

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran maka siswa akan lebih tertarik. Maka dalam meningkatkan kualitas belajar siswa, media kartu pintar berbasis realitas tertambah dapat digunakan sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media kartu pintar berbasis realitas tertambah untuk pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA/MA dan (2) mendeskripsikan kualitas media kartu pintar berbasis realitas tertambah untuk pembelajaran menulis puisi yang terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan-tahapan menurut Sadiman. Sumber data dalam proses pengembangan media kartu pintar berbasis realitas tertambah yakni peneliti melalui analisis setiap tahapannya sedangkan sumber data pada kualitas media terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Sumber data pada (1) kevalidan media yakni validator yang terdiri atas validator ahli media dan validator ahli materi sedangkan sumber data untuk menilai (2) kepraktisan dan (3) keefektifan yakni guru dan siswa SMA Negeri 12 Surabaya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, validasi, observasi, dan tes. Pada penelitian pengembangan media diperlukan instrumen penelitian yakni lembar angket, lembar validasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan teknik pengumpulan data dilakukan penganalisisan data yaitu angket untuk mengetahui kebutuhan siswa, validasi untuk mengetahui hasil kualitas media, observasi untuk mengetahui respons guru dan siswa saat menggunakan media pembelajaran, dan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket kebutuhan siswa mempunyai persentase sebesar 78%. Kevalidan media berdasarkan ahli media dan ahli materi mempunyai persentase sebesar 91% yakni memiliki kriteria sangat layak. Kepraktisan media mempunyai persentase sebesar 83% yaitu memiliki kriteria sangat baik. Keefektifan media mempunyai persentase sebesar 100% yakni siswa mendapatkan nilai diatas KKM, dan persentase sebesar 0% yakni siswa mendapatkan nilai dibawah KKM, maka memiliki kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa mempunyai persentase sebesar 97%. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru mempunyai persentase sebesar 96% dengaan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Kartu Pintar Berbasis Realitas Tertambah, Teks Puisi

Published
2020-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 58